Home / Headline / Medan Bangun Sistem Transportasi Kereta Ringan

Medan Bangun Sistem Transportasi Kereta Ringan

Ilustrasi: Kereta api ringan atau Light Rail Transit/LRT. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 18/2 (LintasMedan) – Kota Medan dalam waktu tidak terlalu lama lagi bakal mempunyai jaringan dan sistem transportasi massal berupa kereta api ringan atau Light Rail Transit/LRT dan Bus Rapid Transit (BRT) terintegrasi untuk mengatasi permasalahan kemacetan lalu lintas kendaraan di ibukota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) itu.

“Moda transportasi massal tersebut diperlukan untuk mengatasi permasalahan kemacetan lalu lintas sekaligus memberikan pelayanan transportasi yang lebih baik lagi bagi masyarakat,” kata Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin, di Medan, Sabtu.

Ia menjelaskan, jalur LRT akan dibangun di atas sejumlah ruas jalan utama di Medan, yakni mulai dari kawasan Stasiun Besar Kereta Api, Jalan Williem Iskandar, Jalan M Yamin, Jalan Gatot Subroto, Jalan Iskandar Muda, Jalan Djamin Ginting, Jalan Dr Mansyur, Jalan Setia Budi dan terakhir di Pasar Induk Laucih, Kecamatan Medan Tuntungan.

Sedangkan jalur BRT, menurut Walikota, direncanakan akan menghubungkan kawasan sub pertumbuhan ekonomi di luar kawasan inti kota, seperti Pasar Induk Laucih, Terminal Amplas, dan Pelabuhan Belawan untuk menuju kawasan inti kota.

Selain itu, mega proyek pembangunan LRT juga direncanakan meliputi kawasan Jalan Sisingamangaraja atau batas kota menuju Lapangan Merdeka dan Jalan Gatot Subroto hingga Kampung Lalang.

Sebagaimana diinformasikan, pembangunan sarana transportasi massal LRT dan BRT di Medan termasuk salah satu dari sejumlah mega proyek infrastruktur yang secara bertahap akan direalisasikan mulai tahun 2017.

Skema pendanaannya bersumber dari Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah (PINA) dan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Kebijakan tersebut telah disepakati dalam Financial Clossing PINA Proyek Waskita Toll Road dan Launching Public Private Partnership (PPP) Book 2017 di Istana Negara Jakarta, Jumat (17/2).

“Kita harapkan pembangunan jalur LRT dan BRT bisa berjalan secepatnya, sehingga masyarakat dapat memanfaatkannya dengan nyaman, tanpa kemacetan,” ujar Eldin. (LMC-03)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top