Home / Sports / Kadispora : PPLP Sumut Terbaik se Indonesia

Kadispora : PPLP Sumut Terbaik se Indonesia

Rapat Kordinasi Bapopsi Sumut, Rabu (29/3) malam di Grand Kanaya Hotel.(Foto:LintasMedan/irma)

Medan, 30/3 (LintasMedan) – Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara mengklaim Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sumut yang berada di Medan Sunggal merupakan asrama atlet pelajar terbaik secara nasional.

“PPLP Sumut merupakan yang terbaik se Indonesia. Fasilitas asrama atlet di lokasi itu juga tak kalah dengan hotel berbintang tiga,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumut, Baharuddin Siagian saat membuka Rapat Kordinasi Badan Pembina Olahraga Pelajar Indonesia (Bapopsi) Sumut, Rabu malam di Medan.

Dia meyakini kedepan PPLP semakin potensial mampu menciptakan atlet pelajar berprestasi yang akan membawa nama Sumut dalam even-even berskala nasional seperti PON.

Di sisi lain Kadispora berharap Bapopsi segera melakukan pembinaan berkesinambungan dengan membentuk organisasi itu hingga ke tingkat kecamatan.

Untuk selanjutnya para atlet berprestasi yang terekrut dari tingkat kecamatan akan diintensifkan pembinaannya di PPLP Sumut.

“Bapopsi Sumut harus bisa menjadi contoh bagi provinsi lain dalam hal pembinaan olahraga yang terarah, termasuk bagi pembinaan atlet usia muda,” katanya.

Di tingkat kecamatan kata Baharuddin harus ada pengurus Bapopsi yang terdiri atas unsur pendidik atau guru yang punya sertifikat pelatih.

Hal itu sebagai tujuan untuk menyatukan visi dan misi dalam membangun olahraga Sumut mulai dari pembinaan berjenjang minimal SMP hingga SMA.

“Karena bibit potensial atlet itu ada di kecamatan,” ujarnya.

Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis yang hadir pada acara itu berharap Bapopsi mampu menjadi ujung tombak bagi pembinaan atlet berprestasi didaerah ini.

“Seratus persen atlet yang disiapkan KONI Sumut menuju PON adalah atlet pelajar. Kita optimis kedepan semakin banyak atlet pelajar yang bermunculoan dari berbagai cabang olahraga, apalagi Dispora juga punya PPLP,” kata Jhon Lubis.

KONI Sumut, kata Jhon Lubis juga berharap Bapopsi membina seluruh cabor yang dipertandingkan di PON. “Jadi tidak hanya membina cabor yang dipertandingkan di Popnas yang jumlahnya terbatas,” katanya.

Mewakili Bapopsi pusat DR Pura Darmawan mengapresiasi Bapopsi Sumut yang selama ini aktif dalam melaksanakan kejuaraan, termasuk Rakor.

“Apalagi, hanya Sumut lah yang baru melaksanakan rakor di antara Bapopsi di seluruh Indonesia,” katanya.

Ketua panitia pelaksana John Erik mejelaskan Rakor Bapopsi Sumut berlangsung mulai 29 hingga 31 Maret di Hotel Grand Kanaya diikuti 75 peserta yang merupakan utusan dari 34 Kabupaten/Kota, serta utusan dari unsur kepengurusan Bapopsi Sumut. (LMC-02).

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top