Home / Medan / KONI Sumut Persiapkan Atlet Menuju PON 2020

KONI Sumut Persiapkan Atlet Menuju PON 2020

Medan, 27/3 (LintasMedan) – Langkah awal KONI Sumut mempersiapkan atlet menghadapi PON XX/2020 dimulai dengan menggelar tes kesehatan bagi calon atlet yang tergabung dalam Program Sumut Emas (PSE), Sabtu.

Tes kesehatan yang dilaksanakan di Gedung KONI Sumut Jalan Pancing (Williem Iskandar) Medan Estate, diikuti 75 atlet dari 13 cabor yakni atletik, anggar, angkatbesi/angkatberat, boling, biliar, gulat, karate, pencak silat, tarung drajat, tinju, wushu, renang dan , taekwondo.

“Para atlet terbagi dalam tiga kategori, yakni super prioritas (peraih medali emas PON XIX2016), prioritas (perak perak dan perunggu) dan unggulan (peringkat empat hingga enam PON),” papar Ketua PSE Prof Agung Sunarno didampingi Sekretaris Mesnan M Kes serta Panitia DR Sanusi MPd.

Agung membenarkan, tidak seluruh atlet mengikuti tes kesehatan karena sebagian di antaranya mengikuti Pelatnas SEA Games dan ada yang mengikuti pertandingan di luar Sumut.

“Empat atlet wushu kita kini menjalani Pelatnas SEA Games di Jakarta. Demikian juga atlet karate. Bahkan beberapa di antaranya juga sedang mengikuti Kejurnas Piala Mendagri di Lampung,” ujar Agung.

“Usai tes kesehatan, para atlet pekan depan akan menjalani tes fisik. Hasil kedua tes inilah nantinya yang menjadi dasar apakah si atlet bisa bergabung dalam PSE atau tidak,” tambahnya

Koordinator Tes dr Riyadh Ikhsan SpKK menjelaskan, secara umum pelaksanaan tes berlangsung lancar. Kondisi atlet juga tergolong baik.

Adapun materi tes yang dilakukan Tim Kesehatan KONI Sumut ini, tambah Riyadh yakni pemeriksaan darah, urine, phisik warna, reflek, organ tubuh dan lainnya.

“Jika hasil pemeriksaan ada atlet yang masuk dalam kategori tidak sehat, maka si atlet akan mendapat perawatan dan nanti akan dites kembali,” ujar dr Riyadh.(rel)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey