Home / Sports / Zahir: Legislatif Solid Dukung Sumut Tuan Rumah PON

Zahir: Legislatif Solid Dukung Sumut Tuan Rumah PON

Zahir (Foto:lintasmedan/irma)

Medan, 31/3 (LintasMedan) – Rencana Sumatera Utara untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024 bisa terealisasi jika semua pihak punya komitmen bersama untuk mendukung termasuk kalangan legislatif di DPRD Sumut.

Anggota DPRD Sumut, Zahir mengaku optimistis rekannya sesama legislatif solid mendukung wacana tersebut.

Dukungan wakil rakyat tentunya dalam bentuk realisasi anggaran untuk persiapan, khususnya perbaikan sejumlah sarana olahraga di wilayah ini.

“Kami yakin kalau dari sisi anggaran sejauh ini tidak ada masalah dan legislatif akan merealisasikannya melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut,” kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan itu baru-baru ini.

Zahir yang juga Ketua Pengprov Persatuan Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi) Sumut ini juga mengaku yakin Dispora Sumut di bawah kepemimpinan Kepala Dinasnya, Baharuddin Siagian mampu memenej anggaran tersebut secara profesional, sehingga pembangunan sarana yang berkaitan dengan persiapan Sumut menuju tuan rumah PON tidak terbengkalai dan mubazir.

“Kalau untuk anggaran tahun 2017 ini sudah tidak ada masalah. Tinggal menunggu proses tender sejumlah proyek agar pembangunan bisa dilaksanakan sesegera mungkin. Setelah itu tinggal kita membahas P-APBD di bulan Juni atau Juli,” katanya.

Menurut Zahir, jika seluruh pihak memiliki komitmen bersama baik eksekutif, legislatif dan insan olahraga diyakini pembangunan sarana olahraga tahun ini 80 persen akan selesai.

Selanjutnya, sebut Ketua Komisi E yang membidangi masalah olahraga ini, dewan segera membahas anggaran 2018. “Jadi untuk anggaran tahun tersebut tinggal proses finishing,” sebutnya.

Seperti diketahui hingga saat ini sejumlah sarana dan gedung olahraga telah tersedia dan sebagian sedang tahap pembangunan di kawasan Jalan Pancing Medan Estate seluas 25,5 Ha.

Pembangunan gedung dan sejumlah tempat latihan dipastikan rampung pada 2018.

Sebelumnya Sekretaris Dispora Sumut Sakiruddin menyampaikan saat ini telah terbangun sarana untuk 21 cabang olahraga di lokasi itu. “Stadion mini juga bisa untuk futsal dan anggar, sedangkan gedung bowling lagi tahap pembangunan,” katanya.

Selain itu sebut Sakirudin Sumut juga mendapat bantuan dari Menpora untuk pembangunan gedung basket.

2017, di lokasi Gedung Serba Guna (GSG) juga dibangun gedung latihan berlantai lima dengan luas 50×200 meter.

Sedangkan untuk pembangunan gedung boling di kawasan Sport Centre tersebut juga diprediksi bisa segera rampung pada akhir 2017.(LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top