Home / Medan / Dispora Sumut Kembali Cetak Generasi Terampil

Dispora Sumut Kembali Cetak Generasi Terampil

Kepala DInas Pemuda dan Olahraga Sumut Baharuddin Siagian saat menyematkan tanda peserta di acara pembukaan keterampilan pemuda.(Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 13/4 (LintasMedan) – Untuk kesekian kalinya instansi Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara (Dispora Sumut) mencetak generasi terampil melalui berbaagai pelatihan kewirausahaan.

Tahun ini, sedikitnya 40 putera puteri dari berbagai perwakilan kabupaten/kota se Sumut mendapat pelatihan keterampilan salon, menjahit dan automotif.

“Melalui kegiatan yang rutin digelar Dispora Sumut setiap tahun, kita harap semakin banyak bermunculan wirausahawan muda di provinsi ini. Tentunya mereka akan mampu merangkul tenaga kerja baru nantinya,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, H Baharuddin Siagian pada penutupan Pelatihan Life Skills (Kecakapan Hidup) di Aula Lt. III kantor instansi itu di Jalan Iskandar Muda No.272 Medan, Kamis.

Dispora Sumut, kata Baharuddin senantiasa berkomitmen mampu mewujudkan kawula muda yang berwawasan, terampil dan mandiri, serta sehat dan berprestasi.

Di kesempatan itu dia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan tiga lembaga pendidikan keterampilan yang turut berperan aktif dalam pelaksanaan pelatihan life skill tersebut.

Seperti disebutkan pelatihan keterampilam bidang otomotif dilaksanakan di LPK Imanuel Medan pelatihan keterampilan bidang salon kecantikan dilaksanakan di LKP Lasara Medan dan pelatihan keterampilan bidang jahir menjahit dilaksanakan di LKP Ervina Medan. Masing-masing waktu pelatihan adalah selama 20 hari.

Baharuddin mengatakan bahwa saat ini sektor yang senantiasa menjadi permasalahan dan tengah dihadapi hampir seluruh negara di dunia adalah persoalan lapangan kerja dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Kedua sektor ini memiliki hubungan yang signifikan dan saling ketergantungan antara satu dengan yang lain. Ketidak seimbangan antara ketersediaan lapangan kerja dan tenaga kerja akan berakibat pada terjadinya pengangguran yang pada gilirannya akan membawa dampak pada pembangunan sosial ekonomi dalam kehidupan masyarakat.

“Kemiskinan dan pengangguran dapat dipandang sebagai ketidakmampuan atau sebagai kekurangan kemampuan (lack of competency) dan keterampilan (skills) untuk bekerja dan menjadi nafkah menopang kehidupan,” katanya.

Oleh sebab itu, katanya, pihaknya melalui panjangan tangan Pemprov Sumut di bawah kepemimpinan Gubernur Tengku Erry Nuradi mempunyai tanggungjawab besar untuk memberikanpendidikan kecakapan hidup dalam upaya penciptaan pekerja dan wirausahawan.

“Masyarakat khususnya para pemuda membutuhkan keterampilan sebagai bekal untuk bekerja atau berwirausaha minimal bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat,” ucapnya.

Kadispora di kesempatan itu berpesan kepada seluruh peserta yang baru saja menyelesaikan pelatihannya untuk terus mengembangkan dan mempraktikkannya di tengah-tengah masyarakat.

Ketua KNPI Sumut diwakili oleh Budi Nasution dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Dispora Sumut. Dia berharap para peserta yang merupakan utusan terbaik dari kabupaten/kota masing-masing dapat memanfaatkan hasil dari pelatihan itu untuk masa depan.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey