Home / Sports / KONI Sumut – Aceh Siap Tuan Rumah Bersama PON XXI

KONI Sumut – Aceh Siap Tuan Rumah Bersama PON XXI

Jhon Lubis (Foto:Lintasmedan/ist)

Medan, 28/4 ( LintasMedan ) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara dan Aceh sepakat mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024.

Kesepakatan tersebut diperoleh setelah kedua belah pihak melakukan rapat koordinasi di Kantor KONI Sumut, Jumat dengan agenda persiapan tuan rumah bersama PON XXI/2024 yang mengusung tema “Bersatu Kita Menang”.

Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis dalam kesempatan itu mengatakan kesepakatan kesiapan menjadi tuan rumah PON bersama tersebut selanjutnya akan disampaikan ke KONI Pusat, sebagai bahan dasar untuk dibawa ke bidding yang akan dilakukan pada Februari 2018.

“Tentunya dengan bekerjasama antara Sumut dan Aceh, peluang untuk bisa menjadi tuan rumah bersama PON mendatang akan semakin besar. Yang penting sekarang ini kita kuatkan dulu kesepakatan ini dan panitia yang akan dibentuk bekerja dengan maksimal,” katanya.

Dalam rapat koordinasi tersebut juga disepakti beberapa poin lainnya diantaranya dalam waktu dekat akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman kesepakatan tuan rumah bersama antara Pemprov Sumut dengan Pemprov Aceh oleh gubernur masing-masing.

Kemudian dibentuk panitia dan sekretariat bersama tim pemenangan tuan rumah PON XXI/2024 serta dilanjutkan beraudiensi dengan Menpora dan KONI Pusat untuk menyampaikan hasil kesepakatan antara KONI Sumut dan KONI Aceh tersebut.

Terkait dicapainya kesepakatan tersebut, John lebih lanjut mengatakan, pihaknya menyadari bahwa jika tetap berkeinginan menjadi tuan rumah PON tunggal, memang cukup berat terkait venue yang akan mempertandingkan 54 cabang olahraga.

Artinya jika dengan tuan rumah bersama, maka beban akan sedikit ringan, karena venue cabang olahraga yang dipertandingkan bisa dibagi dua, tergantung kesepakatan bersama sesuai dengan unggulannya masing-masing dan sarana yang tersedia.

“Tentunya soal pembagian lokasi cabang olahraga yang dipertandingkan itu masalah teknis yang pembicaraannya nanti setelah bidding. Yang penting saat ini bagimana keinginan kita untuk menjadi tuan rumah bersama dengan Aceh itu bisa tercapai,” katanya.

Sementara Ketua Harian KONI Aceh Kamaruddin Abu Bakar mengatakan, pihaknya memang sangat berkeinginan bisa menjadi tuan rumah PON XXI/2024, apalagi selama ini memang pelaksanaan even olahraga terakbar di Indonesia itu sama sekali belum pernah digelar di Aceh.

Selain sudah mendapat persetujuan dari DPRD setempat, untuk mewujudkan keinginan itu, pihaknya juga telah membentuk panitia tim pemenangan yang sudah bekerja dengan melakukan pendekatan ke beberapa KONI di Indonesia.

Namun pihaknya juga menyadari jika menjadi tuan rumah tunggal, akan cukup berat mengingat venue yang masih terbatas dan tentunya juga saingan dari daerah lain terkait keinginan yang sama untuk menjadi tuan rumah PON.

“Artinya kalau bersama, tentunya beban itu akan lebih ringan. Kalau kita sudah bersatu Insha Allah kita bisa menang dan bisa menjadi tuan rumah bersama,” katanya.(LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top