Home / Pendidikan / Pemprov Sumut Apresiasi Program Beasiswa Kuliah di AS

Pemprov Sumut Apresiasi Program Beasiswa Kuliah di AS

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi (kanan) menerima kunjungan delegasi San Matteo Colleges of Silicon Valley, Amerika Serikat yang dipimpin Ron Galatolo (kedua kiri), di kantor gubernur Sumut Jalan Diponegoro Medan, Senin (17/4). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 17/4 (LintasMedan) РPemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut mengapresiasi realisasi program beasiswa San Matteo Colleges of Silicon Valley, Amerika Serikat (AS) bagi lulusan SMA sederajat di Sumut.

“Kami mengapresiasi dan menyambut baik program kerjasama beasiswa dari San Matteo Colleges of Silicon Valley. Pada Januari 2018 mendatang, sudah ada siswa siswi kita yang kuliah disana,” kata Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, di kantor gubernur Sumut Jalan Diponegoro Medan, Senin.

Erry menyatakan hal itu usai menerima kunjungan delegasi San Matteo Colleges of Sillicon Valley yang dipimpin Ron Galatolo.

Ia menjelaskan, pemberian paket beasiswa kuliah di AS bagi lulusan SMA sederajat tersebut merupakan realisasi dari kesepakatan bersama (MoU) antara pengelola San Matteo Colleges of Silicon Valley dengan Pemprov Sumut yang ditandatangani beberapa waktu lalu.

Untuk mendapatkan beasiswa kuliah di salah satu perguruan tinggi terkemuka di AS itu, menurut Gubernur, setiap calon peserta terlebih dahulu harus mengikuti seleksi dan memenuhi standarisasi khusus.

“Tahun ini (2017) akan dilaksanakan seleksi bagi lulusan SMA sederajat di Sumut untuk mendapatkan kesempatan belajar di San Matteo Colleges of Silicon Valley,” tambahnya.

Pada saat menerima Ron Galatolo beserta staf San Matteo Colleges of Silicon Valley, Erry Nuradi mengungkapkan bahwa Pemprov Sumut melalui Dinas Pendidikan setempat telah menerapkan sistem elektronik dalam hal penerimaan siswa baru.

Selain itu, pihaknya juga melaksanakan secara periodik uji kompetensi bagi kepala sekolah serta penempatan guru-guru yang dinilai kompeten.

“Dengan sistem ini juga, akan ada upgrade peningkatan kualitas guru, termasuk jika memungkinkan studi banding ke Amerika,” kata Erry.

Sementara itu, Ron Galatolo menyebutkan bahwa faktor ekonomi bukan menjadi kendala untuk bisa
belajar di San Matteo Colleges, karena perguruan tinggi itu lebih mengedepankan kompetensi dan prestasi ‘fair’ siswa sekolah.

Bahkan, lanjut dia, bagi lulusan SMA sederajat yang lulus seleksi program beasiswa kuliah di San Matteo Colleges of Silicon Valley dan belum lancar berbahasa Inggris, akan diberikan pelatihan agar mampu berbahasa Inggris dengan baik.

Pihaknya juga telah menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan internasional untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa mengikut program magang dan bahkan bekerja setelah lulus. (LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top