Home / Headline / Defisit Listrik Sumut Sudah Teratasi

Defisit Listrik Sumut Sudah Teratasi

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi (kanan) mendengarkan penjelasan dari pejabat PT PLN setempat saat meninjau fasilitas pembangkit tenaga listrik di kawasan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Minggu (28/5). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 28/5 (LintasMedan) – Krisis listrik yang dialami pelanggan PT PLN di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) selama 10 tahun terakhir, menurut manajemen perusahaan listrik negara itu kini sudah berakhir.

Informasi tersebut disampaikan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi kepada pers di Medan, Minggu, usai menerima penjelasan dari pihak PT PLN di sela meninjau pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) di Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Medan, Minggu.

“Kini sistem kelistrikkan Sumut sudah tidak defisit karena daya mampu sudah bisa menutupi beban puncak,” katanya.

Pihak PLN sudah bisa memenuhi kebutuhan daya listrik di Sumut dan Aceh hingga mencapai 1.850 Mega Watt (MW).

Hanya saja pada saat beban puncak, kata dia, PLN hanya memiliki cadangan daya sedikit.

Oleh karena itu, menurut Gubernur, kehadiran kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) yang baru-baru ini telah tiba di Pelabuhan Belawan Medan akan menambah cadangan daya listrik sebesar 240 Megawatt.

“Kehadiran Marine Vessel Power Plant akan menambah cadangan listrik di Sumut,” ujarnya.

Keberadaan MVPP juga dalam rangka membantu penyelesaian sejumlah pembangkit yang saat ini sedang dibangun diantaranya pembangkit listrik panas bumi Sarulla yang sudah masuk 110 MW (3×110 MW) dan pembangunan pembangkit listrik Pangkalan Susu 3 dan 4.

Kedatangan kapal pembangkit listrik tersebut akan bersamaan dengan transmisi 275 Kilovolt yang menjadi bagian dari proyek Tol Listrik Sumatera untuk mengevakuasi daya dari Sumatera Bagian Selatan dan Tengah ke Sumatera Bagian Utara sebesar 200 Megawatt.

Dengan ketersedian listrik yang memadai diharapkan jumlah investor yang masuk ke Sumut juga semakin banyak dan lebih memajukan daerah ini.

Menjawab pertanyaan kenapa pemadaman listrik masih terjadi di beberapa wilayah di Sumut pada bulan suci Ramadhan sekarang ini, menurut Erry, pihak PLN memastikan hal itu disebabkan gangguan teknis.

“Ada travo yang over load karena arus yang dipakai tidak sesuai dengan beban. Mungkin karena masih ada pencurian arus tidak lewat meteran yang menyebabkan beban travo over load,” tutur Erry seetelah menerima penjelasan dari PLN setempat. (LMC-01)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey