Home / Medan / Walikota Perintahkan Jaga Stabilitas Harga Jelang Ramadhan

Walikota Perintahkan Jaga Stabilitas Harga Jelang Ramadhan

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kiri) dan Kapolrestabes Medan Kombes Pol Sandi Nugroho (kedua kiri) saat meninjau situasi harga bahan kebutuhan pokok, di Pasar Muara Takus Medan, Selasa (23/5). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 23/5 (LintasMedan) – Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin memerintahkan seluruh instansi terkait di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) setempat untuk menjaga stok pangan dan stabilitas harga menjelang Ramadan 1438 Hijriah.

“Saya minta semua instansi terkait harus bekerja optimal dalam menjaga stabilitas harga dan persediaan kebutuhan pokok di pasaran,” katanya usai bersama Kapolresta Medan Kombes Pol Sandi Nugroho dan pimpinan Tim Satgas Pangan Kota Medan meninjau sejumlah pasar tradisionil maupun modern, di Medan, Selasa.

Walikota juga meminta para pedagang untuk tidak menaikkan harga kebutuhan pokok seiring dengan meningkatnya jumlah permintaan masyarakat menjelang puasa Ramadhan.

Dalam melakukan stabilisasi harga, pihaknya juga melibatkan pihak kepolisian yang nantinya akan menindak oknum yang mempersulit masyarakat untuk memperoleh kebutuhan pokok.

“Saya juga meminta masyarakat agar tidak panik dan tidak perlu memborong barang kebutuhan pokok, karena sejauh ini kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir dan minyak goreng stoknya cukup,” ujar Eldin.

Berdasarkan keterangan pedagang dan data harga bahan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Medan, hingga kini masih stabil dan tidak terjadi kenaikan harga.

Dari dua pasar tradisionil yang ditinjau, yakni Pasar Muara Takus di Jalan Muara Takus dan Pasar Sei Sikambing di Jalan Gatot Subroto, hanya beberapa pedagang yang berjualan di Pasar Muara Takus memanfaatkan momentum datangnya bulan puasa ini untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Walikota beserta rombongan menilai harga bahan kebutuhan pokok yang ditawarkan pedagang pada umumnya relatif normal,

Harga daging sapi, misalnya, dijual dikisaran Rp110.000/kg, daging kambing Rp80.000/kg, ayam broiller Rp32.000/kg dan daging sapi impor beku lokal maupun impor berkisar antara Rp80.000 hingga Rp85.000/kg.

Selain itu, harga gula pasir Rp12.500/kg, bawang putih sekitar Rp47.000/kg, bawang merah Rp43.000/kg, cabai merah Rp30.380, cabai rawit Rp38.200/kg, cabai hijau Rp15.000/kg, tomat Rp10.700/kg dan kacang tanah kupas Rp27.000/kg.

“Kita harapkan harga bahan pangan ini terus stabil sampai bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Untuk itu kita akan terus melakukan pengawasan, termasuk menurunkan Tim Satgas Pangan setiap hari ke pasar-pasar maupun gudang-gudang penyimpanan bahan pangan,” kata Walikota.

Sementara itu Kapolrestabes Medan Kombes Pol Sandi Nugroho berharap agar tidak ada spekulan-spekulan di Kota Medan yang coba-coba memainkan harga untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

“Jika ditemukan ada tindak pidana dan pelanggaran, langsung kita tindak sesuai dengan aturan berlaku,” ucapnya. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey