Home / Headline / Arus Mudik di Terminal Amplas Masih Lancar

Arus Mudik di Terminal Amplas Masih Lancar

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi (ketiga kiri) dan Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel (keduaa kanan) didampingi Walikota Medan Dzulmi Eldin (kedua kiri), meninjau kesiapan armada angkutan umum Lebaran 2017, di Terminal Terpadu Amplas Medan, Rabu (21/6). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 22/6 (LintasMedan) – Dinas Perhubungan Kota Medan, mencatat arus mudik memasuki H-5 Lebaran 2017 di Terminal Terpadu Amplas dan Pinang Baris Medan masih berjalan lancar.

“Arus mudik melalui Terminal Amplas dan Pinang Baris lancar dan tidak ada kendala berarti. Penumpang dapat diberangkatkan sesuai dengan waktunya,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Renward Parapat, di Medan, Rabu.

Renward menyatakan hal itu di sela mengikuti rombongan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dan Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel beserta Walikota Medan Dzulmi Eldin dan sejumlah pejabat terkait melakukan kesiapan arus mudik di Terminal Amplas.

Memasuki hari kelima menjelang Lebaran 2017, menurut dia, di Terminal Amplas dan Pinang Barius mulai terjadi peningkatan jumlah penumpang sekitar tiga persen dari hari-hari sebelumnya.

Pihaknya memprediksi, puncak arus mudik di dua terminal tersebut akan terjadi pada H-2 atau Jumat (23/6).

Untuk menjaga keselamatan pemudik yang akan memanfaatkan angkutan umum melalui kedua terminal itu, katanya, setiap pengemudi harus bebas narkotika.

Terkait hal itu, lanjutnya, setiap awak angkutan umum yang akan bekerja saat arus mudik dan balik Lebaran wajib menjalani tes urine di posko kesehatan di Terminal Amplas maupun Terminal Pinang Baris.

Tes urine terhadap para sopir tersebut dilakukan oleh petugas dari Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Sumut selama arus mudik berlangsung.

Khusus dalam upaya mendukung kelancaran arus lalu lintas di Kota Medan, lanjut Renward, pihaknya menurunkan sekitar 300 personel untuk membantu petugas Satlantas Polrestabes Medan.

Para personel Dishub Medan itu diterjunkan di sejumlah titik yang dianggap rawan kemacetan, seperti pusat perbelanjaan.

Dalam rangka mendukung kelancaran arus lalu lintas di ibu kota Provinsi Sumut kata dia, kegiatan proyek peningkatan kualitas badan jalan di sebagian Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Jenderal Abdul Haris Nasution Medan yang selama beberapa bulan terakhir ini masih dalam tahap pengerjaan, mulai H-2 Lebaran 2017 dihentikan sementara.

Sebelumnya, Walikota Medan Dzulmi Eldin, menjelaskan bahwa peninjuauan tersebut dilakukan untuk memantau kesiapan terminal untuk menyelenggarakan arus mudik, termasuk mengecek kelayakan sarana transportasi yang digunakan untuk membawa penumpang mudik di kampung halamannya masing-masing.

Dalam peninjauan ini juga dilakukan pengujian kelayakan kenderaan seperti kelengkapan surat, fisik kenderaan dan uji laju kenderaan.

Bus yang dinyatakan memenuhi syarat pengujian, kata Walikota, langsung ditempel stiker dari Dinas Perhubungan bertuliskan, “Angkutan Lebarahan Tahun 2017/1438 H. (LMC-05)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top