Home / Sumut / Gubernur Sumut Minta Pers Tetap Kritis

Gubernur Sumut Minta Pers Tetap Kritis

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi menyampaikan sambutan pada acara buka puasa bersama pemimpin redaksi dan insan pers, di Medan, Kamis (22/6). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 22/6 (LintasMedan) – Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi meminta agar kalangan pers tetap memberikan kritik pada pemerintah provinsi (Pemprov) setempat namun tetap dalam semangat untuk membangun dan mendorong kemajuan daerah itu.

“Kritik dan masukan yang membangun menjadi poin penting terhadap tujuan menjadikan provinsi ini (Sumut) semakin maju dan sejahtera,” katanya pada acara buka puasa bersama jajaran pemimpin redaksi dan insan pers, di rumah dinas gubernur Sumut Jalan Sudirman Medan, Kamis malam.

Ia menegaskan Pemprov Sumut masih tetap membutuhkan kritik dan masukan dari segenap elemen masyarakat dan pers, guna dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menjalankan semua program dengan lebih baik.

Bahkan, menurut Erry, pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pers yang telah berbuat banyak untuk mendukung program percepatan pembangunan Sumut, terutama dalam mengkritisi jalannya pemerintahan sehingga tetap “on the track” dan tidak menyimpang.

Jika ada kritik pers terhadap kinerja Pemprov Sumut dan jajarannya, lanjutnya, justru hal itu merupakan suatu hal yang dinilai positif sepanjang kedua pihak saling memahami posisi masing-masing dan bersikap konstruktif.

Namun ia mengatakan penyampaian kritik hendaknya secara santun, bukan kritikan yang justru mendorong rasa pesimis atau lebih bernuansa ujaran kebencian.

Gubernur juga menyatakan tidak sependapat jika kritikan yang disampaikan secara berlebihan dan cenderung mendiskreditkan.

Diakuinya, sebagian besar orang menginginkan pemerintahan yang baik atau good government, sehingga perlu diikuti dengan good media atau media yang baik.

Karena itu, lanjut Gubernur, Pemprov Sumut senantiasa siap menerima masukan maupun kritik yang membangun dari berbagai elemen masyarakat maupun pers sebagai mitra kerja pemerintah dalam membangun hubungan yang profesional.

Sejalan dengan hal itu, ia meminta segenap jajaran Pemprov Sumut perlu senantiasa bersinergi dengan kalangan pers agar pembangunan yang dijalankan dapat membawa hasil yang lebih baik.

Pada kesempatan itu, Erry mengingatkan kembali empat fungsi media yakni sebagai sarana informasi, edukasi, hiburan dan pengawasan atas penyelenggaraan pemerintahan.

“Media massa punya banyak peran dan fungsi, diantaranya fungsi informasi, pendidikan dan pencerdasan, hiburan serta sosial kontrol. Karenanya peran trias politica, yakni eksekutif, legislatif dan yudikatif, harus ada peran lain yakni media,” ujarnya. (LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top