Home / Medan / Gubernur-Walikota Medan Shalat Ied di Lapangan Merdeka

Gubernur-Walikota Medan Shalat Ied di Lapangan Merdeka

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi (kiri)  dan Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kanan) mengikuti shalat Idul Fitri 1438 Hijriah, di Lapangan Merdeka Medan, Mingu (25/6). Shalat Ied tersebut diperkirakan diikuti ribuan umat muslim. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 25/6 (LintasMedan) – Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Wakil Gubernur Nurhajizah Marpaung dan Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin bersama ribuan umat muslim melaksanakan Shalat Idul Fitri 1438 Hijriah di Lapangan Merdeka Medan, Minggu.

Dalam rangkaian shalat Idul Fitri, tokoh yang bertindak selaku imam shalat adalah ustadz Syaifuddin Lubis dan khotib Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Prof. Dr Saidurrahman, M.Ag.

Dalam khotbahnya, Saidurrahman menyampaikan pesan pentingnya silaturahim antarsesama manusia dapat memperkuat kebersamaan guna meningkatkan kebahagiaan baik pribadi maupun dalam urusan berbangsa dan bernegara.

Bersilaturahim, lanjut dia, sangat penting untuk menghindari kesalahpahaman dan pertengkaran yang dapat menimbulkan perpecahan.

Perbedaan cara pandang dan pilihan harus berganti dengan semangat untuk memajukan bangsa dengan pilar kehidupan yang bermartabat dan beradab.

“Inilah salah satu pesan ketaqwaan sebagaimana sasaran ibadah puasa. Kita diajarkan untuk memegang teguh persaudaraan,” kata Saidurrahman.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan pesan semoga momentum Idul Fitri 1438 H yang hampir bertepatan dengan Hari Jadi ke 427 Kota Medan pada 1 Juli 2017, dapat dijadikan sarana untuk membangkitkan rasa persaudaraan sesama umat muslim dan senantiasa meningkatkan derajat ketaqwaan terhadap Allah SWT.

“Nilai-nilai keunggulan yang sejati, tidaklah didasarkan kepada egoisme daerah, ras, warna kulit dan ragam suku serta bahasa. Namun, pada kemampuan mengeksplorasi nilai-nilai ketaqwaan untuk mencapai keunggulan dan ,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Sumut Erry Nuradi mengajak semua pihak untuk terus menjaga persatuan dan kedamaian di provinsi berpenduduk 14 juta jiwa lebih itu.

“Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah. Mari terus kita jaga persatuan kita. Terlebih Sumut ini merupakan provinsi yang majemuk, provinsi yang berbilang kaum,” ucapnya.

Gubernur juga mengajak semua pihak untuk terus menjaga suasana toleransi yang telah terbangun dan terjaga selama ini untuk terus menjaga suasana kondusif negara Indonesia dan bergandeng tangan melaksanakan percepatan pembangunan di Sumut.

“Dengan keberagaman dan toleransi yang telah terjaga, mari kita bangun provinsi Sumatera Utara agar lebih paten di tahun-tahun mendatang,” ujar Erry. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey