Home / Sumut / Aquafarm-Pemkab Samosir Tebar Benih Ikan

Aquafarm-Pemkab Samosir Tebar Benih Ikan

Sejumlah warga terlihat sibuk dan ikut terlibat dalam kegiatan restocking sebanyak 70.000 ekor ikan bantuan dari PT Aquafarm Nusantara di Desa Aek Natonang Lontung Kecamatan Simanindo dan Desa Aek Siulakhosan Kecamatan Ronggur Nihuta Kabupaten Samosir, Sabtu (10/6).(Foto:LintasMedan/ist)

Samosir, 20/6 (LintasMedan) – PT Aquafarm Nusantara (AN) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir secara rutin melakukan restocking (tebar benih).

Kali ini, tebar benih sebanyak 70.000 ekor ikan dilakukan di Desa Aek Natonang Lontung Kecamatan Simanindo dan Desa Aek Siulakhosan Kecamatan Ronggur Nihuta Kabupaten Samosir.

“Kegiatan restocking di perairan Danau Toba ini sudah menjadi komitmen perusahaan. Kegiatan ini untuk menjamin keberlanjutan usaha penangkapan ikan,” kata Kabag Umum PT AN Toba Raja Buttu Sidabutar didampingi Koordinator CSR Toba Budianto Situmorang di sela-sela restocking, pekan kemarin.

Dalam siaran persnya, Raja Buttu Sidabutar mengatakan, dalam restocking yang dipimpin Bupati Samosir Rapidin Simbolon itu, hadir juga Wakil Ketua DPRD Samosir Jonner Simbolon, Sekda Samosir Jabiat Sagala, Kepala Dinas Pertanian Samosir, Camat Simanindo, Kepdes Aek Natonang S Sinaga, Kelompok Tani Perikanan beserta masyarakat setempat. Sementara dari managemen PT AN juga dihadiri Pimpinan Unit Pembesaran Toba Bambang Kuntorosetyo.

Raja Buttu mengatakan, saat ini setelah ikan pora-pora tidak ada lagi di perairan Danau Toba, masyarakat sekitar yang selama ini menggantungkan ekonominya dari ikan pora-pora sangat terpuruk.

“Karena itu kami berharap kegiatan tebar benih ikan ini mampu menambah ekonomi masyarakat khususnya bagi nelayan,” ujarnya.

Pada kegiatan tebar benih ikan nila tersebut, Bupati Samosir Rapidin Simbolon sangat mengapresiasi bantuan benih ikan nila sebanyak 70.000 ekor dari PT Aquafarm Nusantara.

“Budidaya perikanan dapat berdampingan dengan pariwisata sesuai dengan potensi yang dimiliki Danau Toba. Namun perlu penataan sehingga pariwisata dan budidaya perikanan tidak saling mematikan, tetapi bisa bersinergi dan saling mendukung untuk terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Samosir,” ucap Bupati sebagaimana disampaikan Raja Buttu.

Benih yang ditebar ini nantinya kata Bupati, akan menambah pendapatan warga setempat yang akan ditangkap setelah ikannya besar.

Beliau juga menyampaikan dukungannya terhadap keberadaan operasional PT AN agar bisa berdampingan dan selaras dengan pariwisata yang saat ini sedang terus dibenahi di Kabupaten Samosir.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Samosir Jonner Simbolon meminta supaya PT AN dapat berkoordinasi erat dengan pihak Pemkab Samosir dalam perencanaan dan pelaksanaan CSR.
Sehingga nantinya dapat disinkronisasi dengan APBD Samosir untuk membantu kegiatan sosial, ekonomi dan lingkungan di Samosir untuk kesejahteraan warga setempat di Samosir, semisal bantuan sarana prasarana jalan, pelatihan kerajinan tangan, reboisasi dan lain sebagainya.

Kepala Desa Aek Natonang S Sinaga mengatakan, Pea Aek Natonang saat ini sudah menjadi asset Pemkab Samosir dan sedang ditata secara baik oleh Pemkab Samosir bersama warga setempat untuk dijadikan lokasi wisata, sekaligus sumber air minum warga sekitar Lontung.

“Kami berterima kasih kepada PT AN yang telah ketigakalinya dalam dua tahun ini memberikan bantuan bibit ikan untuk ditabur di Pea Aek Natonang,” ujarnya. (LMC/rel)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top