Home / Nasional / Obama Berlibur di Bali

Obama Berlibur di Bali

Mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarga. (Foto: LintasMedan/BBC)

Denpasar, 22/6 (LintasMedan) – Mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarga dijadwalkan tiba di Bali, Jumat (23/6) untuk berlibur selama lima hari, berlanjut ke Yogyakarta, sebelum ke Jakarta.

Pangdam IX Udayana Mayjen Komarudin Simanjuntak, mengatakan telah mendapat informasi bahwa kunjungan Obama di Bali akan berlangsung mulai 23 Juni hingga 28 Juni dan pihaknya siap mengamankan kunjungan Obama.

“Sejauh ini kami memang belum mendapat pemberitahuan resmi, tapi kami sudah mendengar (kedatangan keluarga Obama tanggal 23 Juni),” kata Komarudin.

Dia juga mengaku belum memperoleh informasi resmi di mana Obama dan keluarganya akan menghabiskan liburan di Bali.

Di Jakarta, Obama diinformasikan akan membuka Kongres Diaspora Indonesia, dan menjadi tamu Presiden RI Joko Widodo.

Dalam perjalanan ini, Obama akan didampingi mantan ibu negara Michelle Obama dan kedua anak mereka, Malia dan Sasha, serta beberapa anggota keluarga mereka yang lain, serta sejumlah staf.

Dalam jumpa pers beberapa waktu lalu, Ketua Board of Trustees Indonesian Diaspora Network Global (IDNG) dan juga mantan Dubes Indonesia di AS, Dino Patti Djalal mengungkapkan bahwa Obama memiliki hubungan sangat spesial dengan Indonesia, dan menjadi sosok yang menginspirasi juga bagi masyarakat dan diaspora Indonesia.

Dikatakannya, pidato Obama Kongres Diaspora Indonesia di Jakarta akan menjadi sesi tertutup dan hanya dapat diikuti oleh sekitar 3.500 peserta yang terdiri atas diaspora Indonesia, undangan, serta publik terseleksi.

Barack Obama terakhir kali datang di Indonesia tahun 2010, dalam perjalanan yang disebutnya ‘pulang kampung.’

Obama memang pernah menjalanai masa kecil di Indonesia, pada 1967 hingga 1971.

Adiknya seibu Obama, Maya Soetoro-Ng, mengatakan bahwa kendati hanya empat tahun hidup di Indonesia, buat Obama Indonesia merupakan semacam rumah kedua.

Obama, kata Maya Soetoro-Ng, gemar sekali dengan masakan Indonesia, terutama bakso, ikan pepes, sambal tempe.

“Selain makanan kami sering membahas kehidupan di kampung. Waktu kakak saya kecil sering bermain sepak bola. Bermain layang-layang di kawasan Menteng Dalam, Jakarta, di gang. Dia ingat banyak tentang Indonesia,” katanya. (LMC-03/BBC)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top