Home / Sumut / Pemprov Sumut Segera Terapkan Sistem Penilaian Kinerja

Pemprov Sumut Segera Terapkan Sistem Penilaian Kinerja

Sekdaprov Sumut Hasban Ritonga (kanan) memberi ucapan selamat kepada 17 pejabat eselon III yang baru dilantik, di kantor gubernur Sumut Jalan Diponegoro Medan, Jumat (9/6). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 9/6 (LintasMedan) РPemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut tahun 2017 segera menerapkan sistem penilaian kinerja atau e-performance bagi seluruh pegawai di lingkungan Pemprov setempat.

“Pemprov Sumut akan menerapkan penilaian kinerja secara online. Hal ini membuat peranan pejabat eselon III atau administrator menjadi sangat sentral, terutama dalam hal menentukan capaian kinerja pejabat pengawas yang akan menjadi dasar pembayaran tambahan tunjangan penghasilan pegawai seperti yang sudah dicanangkan pada tahun 2017,” katanya, di Medan, Jumat.

Hasban mengemukakan hal itu pada acara pelantikan 27 pejabat eselon III di lingkungan Pemprov Sumut yang 17 diantaranya adalah kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Dinas Pendidikan kabupaten/kota.

Terkait dengan penerapan sistem penilaian kinerja berbasis online, ia mengingatkan kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Sumut agar senantiasa berlomba-lomba meningkatkan kinerjanya masing-masing, sehingga mendapatkan penilaian maksimal.

“Sistem itu akan menjadi standar penilaian kinerja bagi para ASN. Oleh karena itu, kinerja harus selalu ditingkatkan supaya penilaiannya juga baik,” ujarnya.

Dalam arahannya, khusus bagi Kepala UPT Dinas Pendidikan kabupaten/kota, Sekda Hasban menekankan agar para pejabat yang dilantik bekerja keras untuk keberhasilan pendidikan khususnya pendidikan menengah.

“Dengan jumlah 676 sekolah menengah atas tersebar di kabupaten/kota, maka keberhasilan pendidikan menjadi tanggung jawab para kepala UPT Dinas Pendidikan,” kata Hasban.

Selain itu, di juga memaparkan berapa perubahan yang terjadi dalam birokrasi terutama dalam penerapan teknologi informasi di bidang pemerintahan atau e-government yang perlu disikapi para pejabat.

“Saya minta saudara sekalian agar dapat memanfaatkan teknologi informasi tersebut sebaik-baiknya untuk peningkatan kinerja,” ucap Hasban. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey