Home / Sumut / Sekdaprov Pimpin Safari Ramadhan ke Pematang Siantar

Sekdaprov Pimpin Safari Ramadhan ke Pematang Siantar

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Hasban Ritonga disaksikan Plh Walikota Pematang Siantar Hefriansyah (kanan), menyerahkan bingkisan kepada sejumlah anak panti asuhan di sela melakukan kegiatan Safari Ramadhan, di Kota Pematang Siantar, Kamis (8/6). (Foto: LintasMedan/ist)

Pematang Siantar, 8/6 (LintasMedan) – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Hasban Ritonga memimpin Tim Safari Ramadhan ke Kota Pematang Siantar.

“Kegiatan Safari Ramadhan selain dapat mempererat ukhuwah Islamiyah diantara sesama, juga dapat dijadikan momentum menumbuhkembangkan silaturrahmi dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya saat menghadiri buka puasa bersama di rumah dinas walikota Pematang Siantar, Kamis.

Ikut dalam tim Safari Ramadhan Pemprov Sumut itu, antara lain Asisten Pemerintahan Setdaprov Sumut Jumsadi Damanik, Kepala Dinas Pendidikan Arsyad Lubis, Kadis Perindag Alwin Sitorus, Kadis Bina Marga dan Konstruksi Abdul Haris Lubis, Kadis Pengendalian Penduduk dan KB, Ria Telaumbanua, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Ashar Harahap, Kepala BPBD Riadil Lubis, Kepala Biro Binsos Muhammad Yusuf dan Kepala Biro Pemerintahan Afifi Lubis,

Pada kesempatan itu, Hasban menyampaikan pesan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi kepada masyarakat Sumut khususnya masyarakat Kota Pematang Siantar agar membantu fakir miskin para anak yatim yang membutuhkan dengan mengeluaran zakat, infaq, dan shadaqah agar keadaan yang membutuhkannya lebih baik dari sebelumnya.

“Salah satu hikmah dan rahasia orang berpuasa, meningkatkan rasa solidaritas, kasih sayang, kepedulian sesama dan kesetiakawan sosial,” ujar Hasban.

Terkait dengan hal itu, ia juga menyampaikan kesepakatan dari Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Prvinsi Sumut agar di setiap kegiatan Safari Ramadhan disosialisasikan tentang pentingnya memperkokoh semangat kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa.

“Persatuan dan kesatuan adalah modal pembangunan bangsa. Oleh sebab itu, semua komponen bangsa harus berkomitmen untuk menjaganya,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga segenap komponen masyarakat agar terus bersinergi dalam mencegah penyalahgunaan sekaligus memerangi peredaran gelap narkoba.

Karena itu, sosialisasi bahaya narkoba sangat penting dilaksanakan agar masyarakat lebih memahami soal bahaya narkoba yang mengamcam generasi penerus bangsa.

Sementara itu, Pelaksana harian Walikota Pematang Siantar Hefriansyah, mengatakan bahwa Pemko setempat terus berupaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat yang menjalankan ibadah puasa, termasuk menjamin ketersedian bahan kebutuhan pokok.

Dalam menjaga ketertiban, kata dia, Pemko Pematang Siantar bekerja sama dengan aparat keamanan baik TNI maupun Polri, instansi terkait serta didukung segenap komponen masyarakat.

Rangkaian kegiatan Safari Ramadan Pemprov Sumut di kota itu turut diisi dengan pemberian bantuan dan bingkisan kepada anak yatim serta alim ulama. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey