Home / Sumut / Tol Medan – Binjai Beroperasi Jelang Lebaran

Tol Medan – Binjai Beroperasi Jelang Lebaran

Kadishub Sumut Anthony S Sos.(Foto:lintasmedan/ist)

Medan, 7/6 (LintasMedan) – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mulai mengoperasikan Jalan Tol Medan- Binjai menjelang arus mudik Lebaran tahun ini.

Untuk sementara jalan tol sepanjang 16. 8 KM tersebut dibuka satu arah, pada saat menjelang Lebaran, guna mengantisipasi terjadinya penumpukan jumlah kenderaan.

“Keberadaan tol yang dimulai dari Jalan Sumarsono Medan Helvetia itu akan efektif mencegah kemacetan arus lalu lintas saat arus mudik, khususnya di kawasan Jalan Lintas Medan menuju Kota Binjai,” kata Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Utara Anthony Siahaan kepada pers di kantornya, kemarin.

Meskipun saat ini pemerintah telah menyediakan transportasi darat lainnya yakni kereta api maupun Bis Trans Medan, namun diperkirakan arus transportasi akan meningkat secara signifikan jelang mudik lebaran.

“Khusus untuk jalur tol kita akan lakukan rekayasa lalulintas dengan membuka satu jalur jelang arus mudik, yakni Medan menuju Binjai,” katanya.

Selanjutnya pada saat arus balik Dishub tetap membuka satu jalur pada saat arus balik, yakni dari Binjai menuju Kota Medan.

Selain jalan tol Medan Binjai, pemerintah juga mengoperasikan jalur tol Medan – Tebing Tinggi dengan tetap melakukan rekayasa lalulintas, yakni dengan ketentuan satu arah.

“Dengan dibukanya jalan tol tersebut maka kendaraan akan terhindar untukbeberapa titik kemacetan di jalan nasional. Seperti di Lubuk Pakam, Perbaungan dan Pasar Bengkel,” katanya.

Selain itu, demi mempermudah para pengendara transportasi darat Dishub Sumut juga menyiapkan para petugas di posko-posko tertentu dengan bekerjasama dengan kabupaten/kota.

Sedangkan untuk mengantisipasi beberapa kawasan yang rawan longsor, pihaknya telah berkordinasi dengan Dinas Bina Marga, serta menyiapkan alat-alat berat dan petugas di wilayah tersebut.

Anthony menyebutkan beberapa wilayah rawan longsor seperti Tapanuli Selatan (Kota Nopan), Siantar – Parapat, Merk – Sidikalang. Sedangkan untuk wilayah Medan -Berastagi pihaknya juga tetap melakukan antisipasi meski kawasan tersebut tidak lagi dinyatakan rawan longsor.

Dishub Sumut juga melakukan cek dan ricek kenderaan serta tes urine para supir.(LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey