Home / Medan / Umat Muslim Diajak Bantu Fakir Miskin

Umat Muslim Diajak Bantu Fakir Miskin

Sekretaris Daerah Kota Medan Syaiful Bahri (kiri) menyerahkan santunan kepada anak yatim piatu di sela kegiatan Safari Ramadhan 1438 H Pemko Medan di Masjid Al Hidayah Kecamatan Medan Polonia, Selasa (13/6). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 13/6 (LintasMedan) – Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin mengajak umat muslim di kota ini untuk menjadikan bulan suci Ramadhan sebagai momentum meningkatkan silaturrahmi dan kepedulian terhadap sesama, khususnya menolong mereka yang tidak mampu, anak yatim piatu maupun kaum dhuafa sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

“Dengan berbuat baik terhadap sesama membantu sesama maka itu itu juga akan membantu pembangunan lebih baik di kota ini. Kalangan mampu keluarkan zakat serta sedekah kepada keluarga yang tidak mampu dan fakir miskin,” katanya pada kegiatan Safari Ramadhan dan dilanjutkan dengan acara berbuka puasa bersama masyarakat, di Masjid Al Hidayah Kecamatan Medan Polonia, Selasa.

Walikota dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Medan Syaiful Bahri Lubis, lebih lanjut mengingatkan bahwa bulan Ramadhan sebagai sarana untuk melatih diri agar peduli terhadap sesama, terutama fakir miskin.

Dikatakannya, zakat merupakan kewajiban bagi umat muslim yang harus dilaksanakan, dan ibadah itu hendaknya dijadikan tanggung jawab untuk tetap dilaksanakan dan juga sebagai bentuk ujian ketaqwaan mengenai ketebalan iman dalam memperdulikan sesama bagi mereka yang lemah seperti fakir miskin yang sangat membutuhkan bantuan.

“Mari kita tingkatkan kepedulian terhadap sesama, menolong mereka yang miskin dan tanpa daya sesuai dengan kemampuan yang kita miliki masing-masing,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Walikota juga mengharapkan masyarakat di ibu kota Provinsi Sumut itu agar meningkatkan partisipasi dalam pembangunan melalui program positif yang dapat langsung menyentuh masyarakat.

“Tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat, pembangunan tidak akan berhasil dengan baik, masyarakat harus berperan serta agar pembangunan yang dilakukan bisa memenuhi kebutuhan,” katanya.

Sebab, menurut dia, dengan partisipasi masyarakat akan banyak agenda daerah yang berhasil diwujudkan.

Partisipasi dan dukungan masyarakat itu dapat diaktualisasikan dalam bentuk menyukseskan program-program pembangunan yang sedang dijalankan, antara lain menjaga kebersihan, menghidupkan kembali sistem keamanan lingkungan di tempat masing-masing dan memenuhi kewajiban membayar pajak.

Selain itu, membangun prasarana dan sarana lingkungan secara partisipatif serta memberantas peredaran narkoba hingga ke akar-akarnya.

Dalam kegiatan Safari Ramadhan tersebut juga diserahkan santunan kepada 100 orang anak yatim piatu dan bantuan sebesar Rp40 juta untuk Badan Kemakmuran Masjid Al Hidayah. (LMC-05)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top