Home / Medan / USAID Bantu Medan Tangani Pengelolaan Air Bersih

USAID Bantu Medan Tangani Pengelolaan Air Bersih

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kiri) menerima kunjungan Regional Manajer USAID IUWASH Plus Sumatera Utara M. Yagi (kanan) dan staf, di Balaikota Medan, Kamis (8/6). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 8/6 (LintasMedan) – Lembaga donor Amerika USAID melalui program Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygene (IUWASH) Plus, menyatakan akan membantu Pemerintah Kota (Pemko) Medan dalam penanganan masalah ketersediaan air bersih.

“Kami siap membantu Pemerintah Kota Medan melaksanakan program peningkatan layanan air minum-sanitasi dan Hygiene di sembilan kecamatan di Kota Medan,” kata Regional Manajer USAID IUWASH Plus Sumatera Utara M. Yagi saat melakukan pertemuaan dengan Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin, di Balaikota Medan, Kamis.

Ia menjelaskan, dukungan tersebut sebagai bagian dari wujud kerja sama antara USAID dengan Pemerintah Indonesia dalam rangka mendorong masyarakat agar menerapkan pola perilaku hidup sehat.

Dengan sanitasi yang baik, air minum dan lingkungan yang sehat dan perilaku higenis, lanjut dia, akan ikut membantu menyelamatkan lingkungan secara global.

Disebutkannya, Medan merupakan salah satu dari lima kabupaten dan kota di Sumut yang masuk dalam program kerja sama USAID IUWASH Plus tahun 2017.

Empat daerah lainnya, yakni Kabupaten Deli Serdang, Kota Tebing Tinggi, Pematang Siantar dan Sibolga.

Dalam konteks kerja sama itu, USAID IUWASH Plus dan Pemko Medan akan menandatangani naskah kesepahaman bersama (MoU) dalam sebuah acara yang direncanakan dilaksanakan pada 5 Juli 2017.
Penandatanganan MoU ini rencananya akan dirangkaikan dengan peletakan batu pertama program Air Minum, Sanitasi, RTLH Kota Medan di Jalan Sari, Lingkungan V, Kelurahan Kedai Durian, Kecamatan Medan Johor.

Program kerja sama ini menargetkan 10.000 kepala keluarga (KK) yang akan mendapatkan akses air minum, 4.000 KK mendapatkan akses sistem sanitasi yang layak, peningkatan cuci tangan pakai sabun sebesar di beberapa lokasi prioritas.

Berkaitan dengan hal itu, Walikota Medan Dzul Eldin menyambut baik dan siap bersinergi dengan IUWASH Plus dalam meningkatkan kualitas layanan sanitasi, peningkatan akses air minum dan membangun perilaku hidup sehat.

“Pemerintah Kota Medan selama ini terus berupaya meningkatkan kualitas layanan sanitasi dan pemberian akses air minum yang lebih baik kepada masyarakat,” ujarnya.

Sebab, lanjut Eldin, ketersediaan layanan sanitasi dan akses air minum yang layak memiliki peranan penting dalam mewujudkan perilaku sehat di kalangan masyarakat.

“Dengan adanya manajemen sistem air minum yang terintegrasi ini, kualitas hidup masyarakat di bidang air minum dan sanitasi semakin membaik,” tuturnya.

Eldin juga memaparkan bahwa Pemko Medan sedang melakukan kajian kerjasama dengan berbagai investor asing untuk melakukan penyulingan air laut sebagai air minum yang layak dikonsumsi masyarakat.

“Kemampuan air tanah tidak bisa diandalkan sepenuhnya untuk kehidupan jangka panjang. Kita harus lakukan pencegahan dini terhadap penurunan muka bumi apabila eksploitasi air bawah tanah terus menerus kita lakukan, untuk itulah program penyulingan air laut menajdi layak pakai terus kita gagas dan kembangkan,” kata Walikota. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey