Home / Bisnis / Indosat Super 4G-LTE, Solusi Berinternet Lebih Cepat dan Nyaman

Indosat Super 4G-LTE, Solusi Berinternet Lebih Cepat dan Nyaman

Oleh Irma Yuni, SE

Foto: Ilustrasi

Indonesia telah memasuki era internet broadband generasi ke-4 atau yang biasa dikenal dengan istilah 4G. Dalam bahasa Inggris, 4G merupakan kependekan dari fourth-generation technology atau generasi keempat dalam standar generasi teknologi telepon selular.

Jaringan 4G (4G network) atau LTE (Long Term Evolution) merupakan teknologi jaringan telekomunikasi terbaru yang dikategorikan sebagai teknologi generasi ke-4.

Secara spesifik jaringan 4G LTE diarahkan untuk menyediakan layanan berkualitas tinggi serta kecepatan transfer data yang tinggi.

LTE memiliki keunggulan pada kecepatan dan efisiensi jaringan, sehingga pelanggan dapat menikmati layanan data dengan kecepatan akses baik upload/download konten berkapasitas besar seperti foto atau video, email, transfer data, browsing, chatting, serta konten lainnya.

Ketersediaan 4G LTE bagi Indonesia dapat membuka dan mempercepat akses terhadap lebih banyak lagi informasi, sehingga diharapkan akan mampu meningkatkan produktivitas masyarakat untuk membentuk gaya hidup digital di tanah air dan mendorong terciptanya masyarakat digital Indonesia.

Mimpi internet yang lebih cepat dan stabilpun kini menjadi nyata dan memberi harapan baru untuk mereka yang lelah dengan internet yang sulit diandalkan.

Berdasarkan survei yang dilakukan PT Indosat Ooredoo bersama-sama dengan tim survei independen serta 10 akademisi dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, sebanyak 70 persen responden menginginkan dunia digital dengan akses internet yang cepat dan stabil sehingga bisa menambah produktivitas dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Guna menjawab kebutuhan masyarakat terhadap layanan Internet kecepatan tinggi di Indonesia, Indosat melalui program Modernisasi Jaringan secara nasional telah meluncurkan layanan Super 4G-LTE.

Penerapan layanan tersebut menjadikan jaringan Indosat “LTE ready” atau siap melayani pelanggan dengan teknologi berbasis LTE.

Paket tersebut diklaim mampu menjadi penyedia solusi tiga kebutuhan komunikasi sekaligus, yakni telepon, SMS, dan internet 4G LTE yang efisien.

Menurut Chief Marketing Officer Indosat Ooredoo Andreas Gregori, paket itu dipastikan mampu mengatasi keluhan pelanggan selama ini atas keruwetan dalam mendaftarkan paket komunikasi.

Pasalnya, ada paket khusus untuk telepon dan SMS murah, namun internetnya tak terakomodir. Ada juga paket internet dengan kuota tertentu, tetapi tidak memasukkan tarif telepon dan SMS hemat.

Sejalan dengan perkembangan teknologi komunikasi, Indosat Ooredoo kini telah pula berhasil mewujudkan konektivitas lebih cepat dan didukung jaringan data terkuat tanpa biaya tambahan.

Khusus untuk menikmati jaringan 4G dari Indosat Ooredoo, pelanggan hanya perlu menukarkan sim card lama dengan nomor sama menjadi sim card 4G secara gratis di gerai Indosat Oreedoo.

Selain menyediakan infrastruktur pendukung, Indosat Ooredoo mengklaim bisa memberikan layanan terbaik dan nilai tambah bagi ponsel pintar yang mendukung jaringan 4G LTE.

Terkait dengan komitmen tersebut, Indosat telah menjalin kerjasama dengan sejumlah perusahaan seperti Samsung, Asus, Lenovo, Polytron, Sony, Microsoft, Advan dan lainnya untuk menyediakan ponsel 4G dengan harga variatif.

Keuntungan pelanggan IM3 Ooredoo lainnya adalah dapat juga menelepon dengan tarif Rp1 per detik ke semua operator. ‎

“Ini adalah inovasi terbesar dan paling berani dengan menggabungkan dua keuntungan, aplikasi terbaik dan tarif nelpon terbaik dalam satu paket yang tidak ada tandingannya,” kata Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Alexander Rusli.

Inovasi tersebut merupakan kelanjutan dari misi IM3 Ooredoo dalam memberikan kebebasan internet untuk pelanggan di Indonesia.

Pelanggan dapat menikmati media sosial terpopuler seperti Facebook, Twitter, dan Path, aplikasi chat seperti Whatsapp, BBM, Line dan Facebook Messenger serta aplikasi berbasis transportasi seperti Gojek, Grab dan Uber.

“Semua aplikasi sehari-hari favorit pelanggan dapat dinikmati tanpa menggunakan kuota utama,” ujarnya.

Keuntungan dalam produk tersebut dapat dinikmati oleh semua pelanggan paket IM3 Ooredoo tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal, mulai dari Freedom Staterpack, Freedo‎m Mini, Freedom Internet Plus dan Freedom Combo.

Informasi lengkap terkait IM3 Ooredoo dapat diketahui dengan menekan *123# atau dapat dilihat melalui website www.im3ooredoo.com.

Program dan layanan
Koneksi 4G LTE memang sedang gencar dikembangkan serta diperluas penyebarannya oleh berbagai provider, termasuk Indosat.

Sebagai operator yang mengerti kebutuhan pelanggannya, Indosat Ooredoo secara konsisten akan terus berinovasi dengan berbagai program dan layanan, termasuk peningkatan kualitas jaringan.

Segala upaya peningkatan kualitas jaringan tidak berhenti di sini, Indosat melanjutkan dengan menghadirkan “Super 4G-LTE” dengan kecepatan download hingga 185 Mbps dan upload hingga 41 Mbps, 4G-LTE tercepat di Indonesia saat ini.

Manfaat lain dari jaringan super 4G-LTE, yakni streaming video tanpa buffering, multiplayer game dan koneksi multidevice dengan kecepatan tinggi.

Tidak hanya fokus membangun jaringan dengan teknologi terkini, Indosat juga berkomitmen untuk membangun ekosistem pendukung sehingga masyarakat dapat menikmati manfaat dari teknologi terkini tersebut.

Indosat saat ini bekerjasama dengan berbagai mitra konten seperti Orange-TV (genflix), EA Games, Gameloft untuk menyediakan layanan hiburan, berita, kesehatan, pendidikan, solusi bisnis, dan lain-lain.

Indosat 4G-LTE dengan kecepatan hingga 185 Mbps semakin memberikan kenyamanan berkomunikasi bagi berbagai segmen pelanggan Indosat, baik pelanggan retail maupun pelanggan bisnis.

Alexander Rusli mengakui bahwa teknologi digital memang mengalami perubahan yang drastis. Salah satu contohnya yaitu perkembangan ekonomi digital.

Perubahan tersebut menjadikan tantangan bisnis di era sekarang adalah bagaimana membawa semua manfaat digital semaksimal mungkin.

“Kami juga telah mengembangkan platform data yang berfungsi sebagai perangkat analisis untuk memberikan data dan informasi mengenai kebutuhan pelanggan,” kata Alexander.

Upaya itu sebagai bagian dari transformasi perusahaan Indosat Ooredoo yang menyeluruh untuk menjadi pemimpin layanan digital bagi masyarakat dan menuju perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia.

“Kami ingin dunia digital lebih dari sekadar konektivitas. Dunia digital harus bersahabat, simpel, dan mudah diakses sehingga semua pihak dapat melakukan banyak hal melalui dunia digital. Dengan digital dan teknologi, kami akan membantu kehidupan masyarakat Indonesia dan meningkatkan kualitas hidup mereka,” ujarnya.

Khusus bagi pelanggan bisnis, jaringan baru ini dapat mendukung peningkatan kinerja operasional, optimalisasi biaya yang akhirnya berdampak pada peningkatan pendapatan.

Indosat “Super 4G-LTE” akan memberikan fleksibilitas dan kapabilitas dalam mengakses informasi untuk memenangkan peluang bisnis melalui berbagai layanan seperti layanan komunikasi bisnis dengan tarif terbaik.

Layanan bagi pelanggan retail maupun bisnis tersebut akan didukung dan dilengkapi dengan berbagai pilihan bundling smartphone merek-merek terkemuka dan aplikasi-aplikasi bisnis berbasis cloud.

Foto: Ilustrasi

Komitmen itu sengaja direalisasikan Indosat Ooredoo untuk memberikan pengalaman digital terbaik melalui 4G LTE bagi masyarakat agar menikmati kebebasan berinternet tanpa batas serta membuka akses tanpa khawatir biaya tinggi.

Tidah hanya itu. Indosat Ooredoo juga sangat mengutamakan kemudahan bagi pelanggannya yang ingin menikmati layanan 4G LTE di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

“Kami bangga menghadirkan layanan jaringan 4G tercepat di Indonesia, yang tentunya juga akan memberikan pengalaman digital terbaik bagi masyarakat Medan,” kata Head of Regional Sumatera Indosat Ooredoo Swandi Tjia , dalam acara media gathering Indosat di Medan, beberapa waktu lalu.

Pihaknya juga ingin pelanggan di Medan dan daerah lain di Sumut dapat menikmati manfaat dari teknologi terkini dengan internet kecepatan tinggi dan band with besar.

Indosat Ooredoo dewasa ini terus mengembangkan jaringan telekomunikasinya secara nasional dengan menambah 5.796 BTS dimana 57 persen di antaranya merupakan BTS 3G dan 4G untuk menunjang pertumbuhan penggunaan data.

Sejalan dengan program pemerintah untuk menyediakan akses komunikasi hingga ke daerah pelosok, Indosat Ooredoo juga menargetkan bisa menambah dan memperluas cakupan 4G LTE.

Pihak Indosat Ooredoo melihat pertumbuhan jumlah pengguna data yang mendorong pertumbuhan trafik data sebesar 147,1 persen dan pertumbuhan pendapatan data sebesar 46,7 persen dibanding tahun sebelumnya.

Hal ini menunjukkan tingginya minat pelanggan Indosat Ooredoo untuk mendapatkan layanan data yang lebih cepat, tepat guna dan dapat diandalkan.

Layanan Indosat Ooredoo tampaknya memang selalu hadir dengan berbagai kelebihan dan fasilitas layanan lengkap serta terus berupaya mengembangkan program yang menarik bagi pelanggan.

Setelah berhasil menjadi pemimpin layanan data, Indosat Ooredoo menargetkan menjadi pemimpin layanan digital bagi semua dan di masa yang akan datang.

Indosat Ooredoo menargetkan menjadi nomor satu dalam pendapatan digital, nomor satu dalam pengalaman digital, dan brand digital pilihan pelanggan nomor satu di Indonesia.

Keberhasilan tersebut semakin memantapkan posisi Indosat sebagai operator telekomunikasi berskala global sekaligus penyedia berbagai layanan telekomunikasi dengan kualitas operator kelas dunia.***Penulis adalah wartawan media online lintasmedan.com.

Note: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba karya tulis Indosat Ooredo bertema ‘Penerapan Teknologi 4G IM3 Ooredoo yang Tepat Guna’.

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey