Home / Medan / Kloter I Sumut Bertolak ke Madinah

Kloter I Sumut Bertolak ke Madinah

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi (keempat kanan) disaksikan Kapolda Sumut Irjen Pol. Paulus Waterpauw (kedua kanan) dan Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kanan), menyalami seorang jemaah calon haji lanjut usia pada acara pelepasan kelompok terbang I Embarkasi Medan, di Asrama Haji Pangkalan Masyhur Medan, Jumat (28/7). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 28/7 (LintasMedan) – Sebanyak 389 jemaah calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) I Embarkasi Medan, Sumatera Utara (Sumut)  bertolak ke Madinah,Arab Saudi dari Bandara Internasional Kuala Namu di Kabupaten Deli Serdang, Jumat.

Acara pelepasan jemaah calon haji tersebut ditandai dengan penyerahan bendera Merah Putih oleh Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi kepada ketua kloter I Sumut.

Hadir dalam acara itu, Kapolda Sumut Irjen Pol. Paulus Waterpauw, anggota DPD RI Prof. Dr Darmayanti Lubis, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Iskan Qolbu, Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin dan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumut Tohar Bayoangin.

Jemaah calon haji Sumut kloter I terdiri dari 148 Pria dan 241 Wanita, berasal dari Kota Medan 352 Orang, Kabupaten Deli Serdang 24 Orang dan Labuhan Batu 4 Orang serta ditambah tiga orang petugas haji daerah dan enam petugas haji dari pusat.

Rangkaian acara pelepasan jemaah calon haji kloter I Sumut diawali dengan doa yang dipimpin Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut H. Arso.

Rombongan jemaah calon haji kloter I Sumut berangkat menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeing 747 seri 400 menuju Bandara Internasional Pangeran Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah, Arab Saudi.

Provinsi Sumut pada musim haji 2017 akan memberangkatkan 8.292 calon jamaah haji atau meningkat dibanding tahun 2016 sebanyak 6.544 jamaah.

“Pada tahun 2017 direncanakan ada 21 kloter yang akan diberangkatkan dari Sumut menunaikan ibadah haji di Tanah Suci,” ujar Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumut Tohar Bayoangin.

Informasi yang dihimpun, gelombang pertama Jemaah haji Indonesia akan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah pada Jumat (28/7).

Kedatangan mereka akan disambut dengan cuaca panas, bahkan diperkirakan mencapai 45 derajat.

“Cuaca ekstrem. Besok diperkirakan mencapai 45 derajat, panas sekali,” ujar Kepala Daker Bandara Arsyad Hidayat usai melakukan rapat persiapan penyambutan jemaah haji Indonesia di Bandara AMAA Madinah, Kamis (27/7).

Sehubungan itu, Arsyad mengimbau jemaah untuk membiasakan diri memperbanyak minum air putih.
“Harus banyak minum meski sering ke toilet. Lebih baik sering ke toilet karena banyak minum dari pada tidak pernah ke toilet karena tidak minum sehingga dehidrasi,” katanya.

Selain itu, jemaah juga diminta untuk menghindari terkena langsung terik matahari.

Saat kedatangan, lanjut Arsyad, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah menyewa paviliun III Bandara AMAA yang dikhususkan untuk jemaah Indonesia yang datang dari Gate Haji.

Paviliun itu bisa menjadi ruang istirahat jemaah sembari menunggu proses pemeriksaan serta pengelompokan dokumen paspor dan koper jemaah sesuai rombongannya masing-masing. (LMC-07)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top