Home / Bisnis / Daya Beli Masyarakat Masih Lesu

Daya Beli Masyarakat Masih Lesu

Sri Mulyani

Jakarta, 3/7 (LintasMedan) – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, mengungkapkan hingga kini daya beli masyarakat masih lesu sebagai imbas dari pelemahan ekonomi domestik selama tiga tahun terakhir.

“Saya menganggap ini adalah masih menjadi imbas dari pelemahan ekonomi yang terjadi selama 2014, 2015, 2016 karena faktor komoditas dan ekspor. Sehingga imbasnya masih terasa sampai sekarang,” kata Sri Mulyani, di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan, daya beli yang masih lesu dapat terlihat dari realisasi inflasi 2016 sebesar 3,02 persen yang merupakan pencapaian paling rendah dalam satu dekade.

Kondisi tersebut, lanjutnya, bermula dari melemahnya sektor pertambangan yang kemudian mempengaruhi kontraksi ke sektor lainnya.

Untuk memulihkan daya beli masyarakat, menurut dia, Pemerintah akan fokus mendorong daya beli masyarakat, khususnya pada masyarakat rentan.

Upaya tersebut didukung dengan beberapa program pemerintah, seperti Program Keluarga Harapan (PKH) menjadi 10 juta keluarga dan belanja sosial lainnya

“Sehingga daya beli, terutama masyarakat yang 25 persen atau bahkan 40 persen terbawah tetap terjaga. Kami menganggap untuk menaikkan daya beli adalah dengan confidence,” kata Sri.

Menkeu menambahkan, Indonesia tengah mengalami tekanan pada produktivitas, hampir di seluruh dunia juga mengalami stagnasi produktivitas.

Produktivitas tersebut berkaitan dengan kemampuan meningkatkan daya beli dengan upah yang meningkat. “Ini tantangan untuk Pemerintah,” ucapnya.

Oleh karena itu, Sri Mulyani menyatakan bahwa pemerintah juga akan fokus untuk meningkat investasi di bidang infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM). Sebab, kedua sektor tersebut dapat meningkatkan produktivitas masyarakat dan perekonomian.

“Ketiga adalah “policy reform” yang akan terus dilakukan di bawah koordinasi Menko untuk memperbaiki apa yang disebut minat investasi, karena itu akan meningkatkan inovasi dan kreativitas,” ujarnya. (LMC-03/KC)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top