Home / Luar Negeri / Seorang Pria Jordania Tewas Tertembak di Kedutaan Israel

Seorang Pria Jordania Tewas Tertembak di Kedutaan Israel

Aparat keamanan Jordania berjaga di sekitar gedung kedutaan besar Israel di Amman pasca-insiden penembakan yang menewaskan satu orang, Minggu (23/7). (Foto: LintasMedan/ist)

Amman, 24/7 (LintasMedan) – Seorang warga Jordania tewas dan seorang warga Israel terluka parah dalam insiden penembakan di kedutaan besar negeri Yahudi itu di Amman, Minggu (23/7).

Media setempat menyebut, pria Jordania itu tewas setelah berkelahi dengan seorang warga Israel di dalam gedung kedutaan besar.

Perkelahian yang belum diketahui penyebabnya itu membuat pria Jordania tersebut terkena dua tembakan di bahu sementara pria Israel tertikam di dadanya.

Aparat keamanan Jordania segera dikerahkan ke sekitar lokasi kedutaan besar Israel untuk mengamankan situasi.

Ketiga orang itu sempat dibawa ke rumah sakit, namun salah satu warga Jordania yang mengalami luka tembak tidak tertolong.

Kepolisian setempat mengatakan kedua warga Jordania tersebut bekerja untuk sebuah perusahaan mebel dan memasuki kompleks kedutaan sebelum penembakan berlangsung.

Menurut kepolisian, investigasi kini sedang berlangsung dalam “fase awal”.

Belum diketahui rincian kejadian dan apa yang memicu penembakan. Pejabat Israel tidak berkomentar dan menerapkan larangan peliputan di dalam kedutaan.

Aparat keamanan telah menutup kedutaan dan para staf sudah dievakuasi. Kantor kedutaan itu terletak di Rabiyeh, kawasan elite Kota Amman.

Perseteruan di tempat suci
Pada Jumat (21/7), ribuan warga Jordania di Kota Amman melancarkan protes terhadap Israel atas pemasangan detektor logam di kompleks Haram al-Sharif. Tempat suci bagi umat Muslim dan Yahudi di Jerusalem Timur tersebut menampung Masjid Al-Aqsa.

Jordania, yang menduduki Jerusalem Timur pada 1949 hingga 1967, adalah pengurus kompleks suci itu.

Langkah pengamanan Israel di sekitar Haram al-Sharif telah memicu ketegangan antara aparat Israel dan warga Palestina.

Sebanyak tiga penduduk Palestina dan dua polisi Israel telah meninggal dunia. (LMC-04/BBC)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top