Home / Sports / Singapura Ikut Kejuaraan Solu Bolon Piala Gubernur

Singapura Ikut Kejuaraan Solu Bolon Piala Gubernur

Ilustrasi – Lomba perahu tradisional Solu Bolon di kawasan wisata Danau Toba, Sumatera Utara. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 12/7 (LintasMedan) – Tim perahu dari Singapura dipastikan ikut serta dalam Kejuaraan Solu Bolon Sumut Paten memperebutkan Piala Gubernur Sumut di Pantai Jalan Putri Pangururan, Kabupaten Samosir, 18-23 Juli 2017.

“Event ini selain diikuti 32 tim dari Sumut dan luar Sumut, juga dipastikan akan diikuti tim perahu dari Singapura. Jadi, sudah tentu even ini bernuansa internasional,” kata Kepala Dinas Pemudan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumut Baharuddin Siagian kepada pers di Medan, Rabu.

Ia menjelaskan, kehadiran atau kesiapan para peserta dari luar negeri itu tentu akan membuat kualitas lomba perahu teradional itu akan berlangsung ketat dan menarik untuk disaksikan.

“Ini juga sesuai dengan tujuan dari Pemerintah Provinsi Sumut dalam upaya menarik para wisatawan untuk berkunjung dan menikmati segala potensi di Kabupaten Samosir dengan keindahan alam dan panorama Danau Toba,” ujarnya.

Peserta dari Sumut yang akan tampil berasal, antara lain tuan rumah Samosir sebanyak 10 tim serta Kabupaten Humbahas, Simalungu, Tapanuli Utara dan Toba Samosir, Kota Tebing Tinggi dan Tanjung Balai masing-masing mengirimkan dua tim.

Sedangkan dari luar Sumut, antara lain Sumbar sebanyak tujuh, Riau (dua tim), Aceh dan DKI Jakarta masing-masing satu tim.

Pihaknya hingga mejelang pelaksanaan kejuaraan masih membuka kesempatan bagi tim perahu dari berbagai daerah.

Kejuaraan Solu Bolon Sumut Paten digelar Dispora Sumut bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Samosir.

“Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Samosir juga telah menyatakan siap untuk menyukseskan Kejuaraan Solu Bolon Sumut Paten,” ucap Baharuddin seraya menambahkan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dijadwalkan akan menyaksikan event itu pada 22 Juli 2017.

Kejuaraan lomba perahu dayung tradisional solu bolon menyediakan total hadiaah uang Rp117 juta lebih dengan memperlombakan solu bolon (dragon boat) dengan jarak tempuh 1 km, solu parsadaan dan solu parduaan, masing-masing dengan jarak tempuh 500 meter.

Sementara Kepala Dinas Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Samosir Gomgom Naibaho, memastikan, masyarakat Samosir sangat antusias menyambut Kejuaraan Solu Bolon Sumut Paten.

“Segala fasilitas pendukung even sudah kita siapkan. Saya percaya even ini sukses,” ujarnya. (LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top