Home / Headline / Ikon Kota Medan Resmi Diluncurkan

Ikon Kota Medan Resmi Diluncurkan

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (keenam kiri)  foto bersama para unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan undangan, usai meluncurkan ikon Kota Medan, Selasa (29/8). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 29/8 (LintasMedan) – Istana Maimun sebagai salah satu bangunan peninggalan sejarah di Kota Medan, secara resmi diluncurkan sebagai ikon pariwisata Kota Medan, Selasa (29/8).

Peluncuran ikon tersebut dilakukan oleh Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin dengan melakukan penekanan tombol dan pada saat yang bersamaan sejumlah penari berkumpul membawakan ornamen-ornamen membentuk ikon Kota Medan yang melambangkan Istana Maimun, daun tembakau serta tulisan Medan Rumah Kita.

“Saya sangat mengapresiasi atas “launching” ikon Kota Medan ini. Sebab, pemasaran tidak terlepas dengan persaingan, termasuk sebuah kota,” katanya.

Walikota berharap peluncuran ikon tersebut ikut menambah kepercayaan wisatawan dan investor terhadap Medan sebagai sebuah kota yang baik untuk dikunjungi wisatawan dan para penanam modal, baik domestik maupun mancanegara.

Diakuinya, membentuk identitas kota dengan “city branding” bukan suatu hal mudah, karena karena tantangan utamanya adalah bagaimana usaha untuk membetuk suatu perlindungan citra kota yang berkoheresi dalam ragam lintas area yang berbeda dari kegiatan dengan beragam target pengguna.

Kongkretnya, penetapan “city branding” Kota Medan mesti berkaitan erat dengan tata rencana kota yang dapat dijadikan strategi dari suatu kota untuk membuat “positioning” yang kuat di dalam target pemasaran.

Karena itu, pihaknya merasa yakin dengan city branding yang dibuat sebaik mungkin, kota yang dipromosikan akan dikenal secara luas, baik regional maupun global.

Apalagi, kata Eldin, ikon yang diluncurkan tersebut merupakan hasil lomba atau sayembara yang digelar Dinas Pariwisata Kota Medan dengan melibatkan langsung masyarakat.

“Saya berharap ikon yang berasal dari masyarakat ini, bisa menjadi dayak tarik tersendiri sekaligus menambah rasa memiliki masyarakat Medan terhadap kota yang kita cintai,” ujarnya.

Sebelumnya, Kadis Pariwisata Kota Medan, Agus Suriyono menjelaskan, ikon Kota Medan yang diluncurkan tersebut merupakan salah satu dari hasil desain terbaik dari peserta lomba ikon bertema “Heritage Kota Medan” yang digelar Dinas Pariwisata setempat, baru-baru ini.

“Lomba ikon Kota Medan digelar karena kota ini memerlukan identitas seperti predikat Paris Van Sumatera pada zaman dahulu,” ucapnya.

Selain itu, Medan dinilai memiliki potensi yang besar dalam pengembangan industri pariwisata dan sudah menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia dengan simbol budaya, sejarah dan kelezatan kulinernya. (LMC-03)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top