Home / Politik / Legislator Sumut Harapkan Masyarakat Mencintai Bahasa Indonesia

Legislator Sumut Harapkan Masyarakat Mencintai Bahasa Indonesia

Muhri Fauzi Hafiz

Medan, 14/8 (LintasMedan) – Anggota DPRD Provinsi Sumut Muhri Fauzi Hafiz mengharapkan masyarakat terutama generasi muda di daerah itu, untuk selalu mencintai Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

“Saat ini bahasa Indonesia mulai tergerus dengan banyaknya istilah baru di kalangan generasi muda, tanpa kita sadari hal tersebut dapat menyebabkan bahasa Indonesia tidak menjadi bahasa yang utama,” katanya di Medan, Senin.

Ironisnya, lanjut dia, saat ini generasi muda Indonesia dengan bangga menggunakan bahasa asing dalam setiap event atau ketika beraktivitas sehari-hari.

Ancaman lain akibat serbuan bahasa asing adalah hilangnya bahasa asli sejumlah daerah.

Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumut ini berpendapat bahwa kondisi itu terjadi karena kian derasnya arus globalisasi yang ternyata tidak diiringi dengan filter yang kuat di dalam fondasi pendidikan dan budaya.

Realitas tersebut diperparah lagi dengan dampak arus globalisasi yang besar menggerus budaya-budaya bangsa yang luhur, termasuk hadirnya media sosial.

Menurut dia, arah pendidikan nasional yang cenderung lebih mengutamakan peran bahasa asing juga sudah agak melenceng dari cita-cita bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang besar.

“Karenanya, tidak heran jika sekarang ini banyak generasi muda yang tidak bisa bahasa daerahnya, seperti di Sumatera Utara ini banyak ragam bahasa karena keberagaman suku, namun tetap beresam Melayu sebagai dasar bahasa Indonesia,” ucap politisi muda itu.

Muhri mencontohkan, bahasa Melayu di Kabupaten Langkat dan Tanah Deli, para remaja di kedua wilayah tersebut sudah luntur bahasa Melayunya, termasuk resam budayanya.

Untuk menyelamatkan agar bahasa Indonesia tidak semakin tergerus bahasa asing, kata dia, mutlak dibutuhkan ketegasan Pemerintah dalam menyikapi kondisi ini dengan menyelamatkan budaya bangsa.

“Pemerintah melalui kebijakannya seyogyanya dapat menginstruksikan menteri terkait untuk membudayakan bahasa Indonesia sebagai di negeri sendiri,” ujarnya. (LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top