Home / Medan / Menkes Dorong RSUP Adam Malik Tingkatkan Pelayanan

Menkes Dorong RSUP Adam Malik Tingkatkan Pelayanan

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek (kanan) berdialog dengan salah satu pasien, di sela meninjau tiga unit gedung baru di Rumah Sakit Umum Pusat H. Adam Malik Medan, Jumat (4/8). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 4/8 (LintasMedan) – Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia Nila F Moeloek mengatakan, pihaknya akan terus mendorong Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas.

“Kita mengharapkan pelayanan di rumah sakit ini (RSUP Adam Malik) makin lama makin baik, karena kita mempunyai tugas meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia,” katanya pada puncak peringatan hari ulang tahun ke-24 RSUP Adam Malik, di Medan, Jumat.

Peringatan HUT rumah sakit terbesar di Sumut itu dirangkaikan dengan peresmian tiga unit gedung baru yang berfungsi sebagai sarana instalasi pelayanan eksekutif, hipertensi dan unit transfusi darah (UTD).

Menurut dia, upaya meningkatkan kualitas hidup manusia merupakan salah satu rencana strategis (Renstra) Kementerian Kesehatan dalam mewujudkan paradigma sehat.

Penerapan paradigma sehat dilakukan dengan strategi pengaruh utama kesehatan dalam pembangunan, penguatan upaya promotif dan preventif, serta pemberdayaan masyarakat.

Sejalan dengan renstra Kementerian Kesehatan itu, Nila mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) guna mewujudkan Indonesia sehat.

Disebutkannya, Germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga secara bertahap akan dilaksanakan secara nasional dengan target 2.926 puskesmas prioritas.

Karena itu, kata Menkes, upaya penguatan pelayanan kesehatan di RSUP Adam Malik yang selama ini telah berjalan baik perlu terus dibarengi dengan strategi peningkatan akses pelayanan kesehatan, optimalisasi sistem rujukan, dan peningkatan mutu dengan menggunakan pendekatan continum of care dan intervensi berbasis risiko kesehatan.

Sebelumnya, Direktur Utama RSUP Adam Malik dr Bambang Prabowo M.Kes, mengungkapkan bahwa rumah sakit umum yang dipimpinnya itu terus mengembangkan berbagai pelayanan unggulan.

“Saat ini, kami sudah mampu memberikan pelayanan pusat jantung terpadu, pelayanan kanker terpadu untuk kemoterapi, radioterapi, dan radio nuklir, serta pelayanan transplantasi organ berupa transplantasi hati dan transplantasi ginjal,” ujarnya.

Selain itu, pihak RSUP Adam Malik kini sedang melaksanakan proses pengembangan pelayanan program bayi tabung dan terapi stem cell.

Usai meresmikan tiga unit gedung di RSUP Adam Malik, Menkes Nila F Moeloek beserta rombongan meninjau sejumlah fasilitas medik dan berdialog dengan beberapa pasien yang sedang menjalani rawat inap. (LMC-05)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top