Home / Medan / Pemko Medan Luncurkan Aplikasi Surat Tanda Setoran

Pemko Medan Luncurkan Aplikasi Surat Tanda Setoran

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kanan) berjabat tangan dengan Direktur Utama PT Bank Sumut Edie Rizlyanto (kiri), usai peluncuran sistem aplikasi surat tanda setoran (STS), di halaman kantor Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah  Jalan A.H Nasution Medan, Selasa (1/8). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 1/8 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan bekerjasama dengan PT Bank Sumut meluncurkan aplikasi surat tanda setoran (STS) secara elektronik atau e-STS yang dibangun sebagai sarana pertukaran informasi dan data penerimaan pajak maupun retribusi secara realtime dan akurat.

“Aplikasi ini (e-STS) merupakan salah satu langkah maju yang kita tempuh untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” kata Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin dalam sambutannya pada acara peluncuran aplikasi e-STS, di halaman kantor Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Medan Jalan A.H Nasution, Selasa (1/8).

Aplikasi e-STS yang dibangun sejak tahun 2016 tersebut merupakan sebuah karya bersama yang melibatkan integrasi data antara Bank Sumut dengan Pemko Medan melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) setempat serta Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) penerima pajak dan retribusi Kota Medan.

Walikota berharap penerapan aplikasi baru dapat membantu mewujudkan penyelenggaraan Pemko Medan yang semakin baik, termasuk dalam upaya mewujudkan sistem penatausahaan dan pelaporan keuangan yang semakin transparan dan akuntabel.

Sekaiatan dengan hal itu, Eldin minta seluruh SKPD di lingkungan Pemko Medan dapat menggunakan aplikasi e-STS ini dengan sebaik-baiknya, termasuk di BP2RD Kota Medan.

Ke depan, dia menekankan agar sistem informasi data penerimaan pajak dan retribusi tersebut dapat terus dikembangkan sehingga dapat digunakan secara lebih optimal dan menghasilkan laporan sesuai dengan yang diharapkan.

“Saya atas nama Pemko Medan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi sumatera Utara dan Bank sumut atas kerja sama ini, termasuk kepada BPKAD Kota Medan sebagai inisiator pengembangan sistem aplikasi e-STS,” ujar Walikota.

Aplikasi e-STS digunakan untuk pembayaran pajak retribusi daerah Kota Medan melalui saluran distribusi (teller, ATM dan SMS banking) Bank Sumut.

Sebelumnya Direktur Utama PT Bank Sumut Edie Rizlyanto mengatakan, peluncuran aplikasi e-STS sebagai bagian dari tekad dan komitmen Bank Sumut untuk terus meningkatkan pelayanan kepada para nasabah dengan memperkuat pelayanan dan infrastruktur.

Saat ini, kata dia, Bank Sumut telah memiliki 284 jaringan dan memiliki 256 unit ATM. “kita akan terus berupaya memuaskan nasabah.

“Untuk itu, kita minta dukungan penuh dari seluruh nasabah, termasuk Pemko Medan beserta seluruh jajaran,” ucap Edie. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top