Home / Medan / Pramuka Medan Ikuti Raimuna Nasional 2017

Pramuka Medan Ikuti Raimuna Nasional 2017

Asisten Umum Setdako Medan Ikhwan Habibi Daulay memasangkan jaket kepada dua orang anggota Pramuka pada upacara pemberangkatan kontingen Kwarcab Pramuka Medan ke Raimuna Nasional Tahun 2017, di halaman Balai Kota Medan, Kamis (10/8). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan. 10/8 (LintasMedan) – Sebanyak 36 anggota Pramuka Kota Medan mengikuti Raimuna Nasional XI/2017 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta, 13-21 Agustus 2017.

Siaran pers Humas Pemko Medan, melaporkan, rombongan Pramuka Kwarcab Medan yang akan mengikuti Raimuna Nasional tersebut dilepas Asisten Umum Setdakot Medan Ikhwan Habibi Daulay dalam sebuah upacara di halaman Balai Kota Medan, Kamis (10/8).

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin dalam sambutan tertulis yang dibacakan Ikhwan Habibi Daulay, meminta agar para peserta menjadikan kegiatan Raimuna Nasional ini sebagai sarana belajar, berkarya dan memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

“Saya yakin seorang anggota Pramuka tidak akan pernah tersesat, karena mampu membaca tanda-tanda alam dan memiliki kualitas yang dibutuhkan untuk mampu bertahan menghadapi gelombang kehidupan dan keluar sebagai pemenang. Untuk itu saya berpesan agar teruslah menjadi Pramuka yang sejati,” katanya.

Selain itu, lanjut Walikota, pendidikan Pramuka juga mengajarkan kemandirian, kerjasama, persahabatan, kepercayaan diri, kesehatan fisik dan mental serta moral yang luhur.

“Melalui proses yang panjang, saya yakin anggota pramuka bisa menjadi manusia-manusia unggul dan selalu bisa diandalkan dalam berbagai situasi dan kondisi,” ujar dia.

Pelepasan kontingen Pramuka Kwarcab Medan ke Raimuna Nasional ditandai dengan penyerahan bendera kontingen dan pemberian secara simbolis jaket kepada dua anggota Pramuka.

Sebelumnya, Ketua Kwarcab Pramuka Kota Medan Muhammad Husni, mengingatkan seluruh anggota Pramuka yang akan mengikuti Raimuna agar menjaga kekompakan dan nama baik Kota Medan.

“Jangan pernah sekali pun terpecah, terus jaga kekompakan dan bina terus rasa persaudaraan. Tunjukkan kontingen Pramuka Kota Medan yang terbaik,” ujar dia.

Peserta Raimuna dari Medan itu selanjutnya akan bergabung dengan utusan dari kabupaten/kota se Sumut.

Raimuna Nasional merupakan pertemuan pramuka penegak dan pandega dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Ranting Gerakan Pramuka yang digelar setiap empat tahun sekali.

Kegiatan ini diikuti sekitar 15.000 perwakilan Pramuka penegak (16-20 tahun) dan Pramuka pandega (21-25 tahun) dari seluruh Indonesia dan perwakilan Pramuka dari luar negeri.

Raimuna Nasional 2017 bukan hanya mencanangkan tema KIBAR (kreatif, inovatif dan berkarakter), namun juga implementasi dari Bhinneka Tunggal Ika.

Kegiatan akbar ini akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri jajaran pata menteri Kabinet Kerja. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top