Home / Medan / Tempat Pelelangan Ikan Gabion Segera Difungsikan

Tempat Pelelangan Ikan Gabion Segera Difungsikan

Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution meninjau kondisi sarana dan prasarana tempat pelelangan ikan di Gabion Kecamatan Medan Belawan, Kamis (3/8). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 3/8 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui instansi terkait segera memfungsikan kembali tempat pelelangan ikan (TPI) Gabion, Kecamatan Medan Belawan sebagai lokasi aktivitas bongkar muatan ikan dari kapal penangkap.

“Pemko Medan siap menerima pelimpahan TPI Gabion ini dari Pemerintah Provinsi Sumut yang rencananya akan dilaksanakan akhir tahun 2017,” kata Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution di sela meninjau kondisi TPI Gabion, Kamis (3/8).

Terkait hal itu, menurut dia, Pemko Medan merencanakan menata dan membenahi sarana dan prasarana di TPI tersebut yang selama ini tidak dapat dioperasikan, seperti ruang pendingin (cold storage).

Kondisi cold storage di TPI Gabion sejak beberapa tahun terakhir tidak bisa dioperasikan karena kekurangan pasokan energi listrik, sehingga butuh tambahan daya sekitar 130.000 watt.

Akhyar mengakui, cold storage di TPI Gabion yang merupakan bantuan Pemerintah pusat sangat penting difungsikan agar seluruh nelayan di wilayah utara Kota Medan itu bisa melabuhkan muatannya di sana.

Usai meninjau TPI Gabion, Wakil Walikota didampingi Kadis Perikanan dan Pertanian Kota Medan Ikhsar Risyad Marbun dan Kadis Perdagangan Kota Medan Syarief Armansyah Lubis melanjutkan kunjungan kerja ke TPI Kampung Nelayan Indah di Kecamatan Medan Deli.

Kadis Perikanan dan Pertanian Kota Medan Ikhsar Risyad Marbun, mengatakan bahwa pihak siap mengelola TPI Gabion secara optimal guna memudahkan para nelayan lokal menyimpan dan melakukan transaksi hasil tangkapan mereka.

“Jika pengelolaan TPI Gabion telah diserahkan kepada Pemko Medan, kami optimis nelayan akan lebih mudah memasarkan hasil tangkapan mereka di TPI tersebut karena dilengkapi sejumlah sarana pendukung,” ujarnya. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top