Home / Medan / Walikota Kukuhkan Anggota Paskibra Kota Medan

Walikota Kukuhkan Anggota Paskibra Kota Medan

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kanan) menyalami para pelajar yang tergabung dalam pasukan pengibar bendara (Paskibra) 2017, di Medan, Selasa (15/7). Sebanyak 42 anggota Paskibra itu akan melaksanakan tugas pada upacara HUT ke-72 Kemerdekaan RI di Lapangan Merdeka Medan pada Kamis (17/8). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 15/8 (LintasMedan) – Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin mengukuhkan 42 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) 2017 yang akan bertugas pada upacara peringatan 72 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Merdeka Medan pada Kamis (17/8).

“Menjadi anggota Paskibra tidaklah mudah dan harus melewati berbagai seleksi serta pengujian,” katanya pada acara pengukuhan anggota Paskibra yang berlangsung di pendopo rumah dinas walikota Jalan Jenderal Sudirman Medan, Selasa (15/8).

Dalam acara yang turut dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan, pimpinan SKPD dan para camat itu, Eldin mengatakan bahwa 42 orang putra dan putri yang dikukuhkan tersebut sebelumnya telah berbagai seleksi.

Sebelum dikukuhkan, para pelajar tingkat SMA sederajat se Kota Medan telah mengikuti latihan Paskibra selama beberapa pekan.

“Saya yakin tugas dapat diemban dengan baik, karena siswa Paskibra telah dilatih. Jadikanlah tugas itu sebagai babak baru untuk membangun masa depan kalian,” katanya.

Ia berharap, nilai-nilai yang ditanamkan selama mengikuti pelatihan akan selalu melekat di dalam diri para anggota Paskibra hingga mereka dewasa kelak.

Diakuinya, tugas yang akan diemban para pelajar tersebut tidak mudah, namun tidak seberat yang dilakukan para pejuang pada masa perjuangan Kemerdekaan RI.

Walikota berpesan kepada seluruh anggota Paskibra Kota Medan yang baru dikukuhkan agar dapat menjadi duta pembangunan di lingkungan sosial masing-masing, sekaligus menjadi pelopor pembangunan di tingkat lingkungan, kelurahan dan kecamatan.

Pelopor pembangunan itu, menurut dia, bisa diaplikasikan melalui bidang kebersihan, tertib lalu-lintas, solidaritas sosial, budaya dan pelopor lainnya, termasuk sebagai agen pembaharuan sosial untuk mendorong percepatan pembangunan kota.

“Jadilah kebanggaan orang tua, keluarga, agama, seluruh masyarakat Kota Medan, bangsa dan negara Indonesia,” ujar Eldin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Medan Marah Husin Lubis, mengatakan sebanyak 42 anggota Paskibra dikukuhkan itu merupakan pelajar terbaik dari sekitar 800 orang pelajar yang menjalani tahapan seleksi.

“Semula ada sekitar 800 siswa-siswi terbaik dari seluruh SLTA di Kota Medan yang diseleksi dan akhirnya terpilih 42 siswa,” ujarnya.

Disebutkannya, salah seorang siswa kelas 11 SMA Negeri 1 Medan atas nama Fadli Ichsan Siregar terpilih sebagai salah satu anggota Paskibraka Nasional yang akan mengibarkan Sang Saka Merah Putih pada upacara peringatan detik-detik Kemerdekaan RI di Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/8).

“Seluruh anggota Paskibra Kota Medan, termasuk Fadli Ichsan Siregar yang menjadi anggota Paskibraka Nasional merupakan hasil binaan Dispora Kota Medan,” tuturnya. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top