Home / Medan / Walikota: Pengurusan Surat Keterangan Pengganti E-KTP Gratis

Walikota: Pengurusan Surat Keterangan Pengganti E-KTP Gratis

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin berdialog dengan beberapa orang warga yang sedang mengurus surat keterangan pengganti e-KTP, di kantor camat Medan Selayang Jalan Bunga Cempaka IX Medan, Senin (14/8). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 14/8 (LintasMedan) – Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin menegaskan pengurusan dokumen atau surat keterangan pengganti kartu tanda penduduk (KTP) elektronik tidak dipungut biaya atau gratis dan proses pengurusannya dapat dilakukan di setiap kantor camat.

“Bagi masyarakan yang ingin mengurus surat keterangan pengganti e-KTP sebaiknya datang saja ke kantor camat di wilayahnya masing-masing dan tidak dipungut biaya atau gratis,” katanya di sela melakukan peninjauan pelayanan dokumen pengganti e-KTP di kantor camat Medan Selayang, Senin (14/8).

Pemko Medan, menurut dia, telah membuka pelayanan pengurusan surat pengganti e-KTP di setiap kantor camat guna memudahkan masyarakat, sehingga tidak perlu lagi harus antre di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

“Sosialisasikan kepada masyarakat bahwa sekarang pengurusan surat pengganti keterangan pengganti e-KTP dapat dilakukan di kantor camat,” ujar Walikota.

Surat keterangan sebagai pengganti e-KTP sementara tersebut bisa digunakan sebagaimana mestinya sebelum memperoleh KTP elektronik.

Ia mengingatkan bahwa dokumen kependudukan tersebut sangat penting untuk pembangunan daerah sehingga harus dimiliki setiap masyarakat.

Pada kesempatan itu, Eldin berpesan kepada Camat Medan Selayang Sutan Tolang Lubis dan jajaran pemerintahan kecamatan setempat untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Jangan pernah sekali pun mempersuli masyarakatkan yang membutuhkan pelayanan. Jika masyarakat merasa puas atas layanan yang diberikan, mereka tentunya akan sukarela mendukung seluruh program pembangunan yang dijalankan,” ucap Walikota.

Selama melakukan peninjauan ke kantor camat Medan Selayang, Eldin juga menyempatkan berdialog dengan masyarakat dan  menyaksikan langsung para staf kantor camat setempat melayani masyarakat yang membutuhkan surat keterangan pengganti e-KTP.

Sementara itu, Camat Medan Selayang Sutan Tolang Lubis mengatakan bahwa pelayanan dokumen bepengganti e-KTP di kantor kecamatan setempat berjalan lancar dan tidak ada dipungut biaya apapun.

“Mudah-mudahan pelayanan yang kita berikan selama ini tidak ada yang mengecewakan masyarakat. Jika ada yang kecewa, segera sampaikan dan pasti kita tindaklanjuti,” ujar Sutan. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top