Home / Bisnis / Banyak Investor Asing Lirik Taput

Banyak Investor Asing Lirik Taput

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan (kedua kiri) didampingi Wagub Sumut Nurhajizah Marpaung (ketiga kanan), Deputi Menko Polhukam Iskandar Sitompul (kanan), Bupati Taput Nikson Nababan (kiri) dan Staf Ahli Gubernur Sumut Binsar Situmorang (kedua kanan), di sela melakukan peninjauan di terminal Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Jumat (8/9). (Foto: LintasMedan/ist)

Tapanuli Utara, 8/9 (LintasMedan) – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan banyak investor dari luar negeri berminat menanamkan modal di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), terutama di sekitar Bandara Silangit yang direncanakan sebagai bandara bertaraf internasional.

“Banyak investor dari luar negeri yang ingin berinvestasi di Tapanuli Utara, khususnya sekitar bandara, mereka mau bangun perhotelan,” kata Luhut, di selam meninjau kesiapan Bandara Silangit di Kabupaten Taput, Jumat.

Terkait hal itu, ia meminta para pengelola bandara tersebut memperhatikan beberapa hal, di antaranya pendidikan sumber daya manusia (SDM) dan kedisiplinan.

“SDM harus ditingkatkan dengan pendidikan, juga kedisiplinan. SDM harus dibenahi supaya wisatawan nyaman saat tiba di bandara,” ucapnya didampingi Wakil Gubernur (Wagub) Sumut, Nurhajizah Marpaung.

Selain itu, Luhut juga minta agar sarana infrastruktur jalan raya dari Kota Medan menuju Bandara Silangit segera diperbaiki.

Menyikapi permintaan Menko Kemaritiman tersebut, Wagub Sumut Pemprov Sumut menyatakan sangat mendukung Bandara Silangit menjadi bandara internasional.

Pihaknya juga ingin supaya Taput sebagai salah satu kabupaten yang berada di kawasan Danau Toba menjadi tujuan wisata kedua setelah Bali.

Untuk mendukung semua itu, Nurhajizah meminta Luhut sebagai putra daerah dapat memperjuangkan ke Pemerintah pusat agar ada penambahan anggaran untuk Sumut.

“Sebagai salah satu provinsi terbesar di Indonesia, anggaran yang dialokasikan Pemerintah pusat ke Sumut masih tergolong relatif terlalu kecil jika dibandingkan dengan provinsi lainnya,” ucap dia.

Sebelumnya, Bupati Taput Nikson Nababan menyampaikan terima kasih kepada Menko Perekonomian Luhut Panjaitan dan Pemprov Sumut yang selama ini ikut berperan aktif mendukung Silangit sebagai bandara internasional.

“Kami siap untuk menyambut turis dari mancanegara. Kami akan lakukan apapun yang menjadi tanggung jawab kami dan mengharapkan koordinasi dan perhatian yang lebih intensif guna mewujudkan keinginan besar kita,” katanya. (LMC-06)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top