Home / Headline / Medan Gelar Rangkaian Kegiatan Hari Jantung Sedunia

Medan Gelar Rangkaian Kegiatan Hari Jantung Sedunia

Medan, 19/9 (LintasMedan) – Pemerintah Kota Medan bekerja sama dengan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) cabang utama Sumut dan sejumlah instansi swasta menggelar tiga kegiatan dalam rangkaian peringatan Hari Jantung Sedunia tahun 2017, mulai 29 September hingga 1 Oktober.

Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Medan dalam keterangan tertulis, di Medan, Selasa (19/9), menyebutkan, rangkaian peringatan Hari Jantung Sedunia kali ini diawali dengan penyelenggaraan seminar kesehatan dengan peserta kalangan jurnalis.

Acara seminar kesehatan tersebut dijadwalkan berlangsung di rumah sakit Columbia Asia Jalan Listrik Medan pada 29 September.

Selanjutnya, Pemko Medan bersama YJI Sumut menggelar senam jantung sehat di Lapangan Merdeka Medan pada 1 Oktober dimulai pukul 06.00 WIB dan diisi dengan kegiatan pelayanan pengobatan gratis.

Disebutkan, acara senam jantung sehat dan pengobatan gratis terbuka untuk segenap lapisan masyarakat Kota Medan.

Kegiatan ini mengusung tema, ‘Dengan Peringatan Hari Jantung Sedunia, Mari Kita Terapkan Pola Makan yang Benar dan Olahraga yang Teratur Guna Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Medan Rumah Kita’.

Pemko Medan selama satu tahun terakhir aktif mendukung kegiatan senam jantung sehat karena
jenis olah raga ini mampu memacu kerja jantung secara bertahap dengan mengambil oksigen sebanyak-banyaknya untuk memenuhi kebutuhan ke seluruh tubuh.

Sebagaimana diketahui, penyakit kardiovaskuler (penyakit jantung dan stroke) adalah penyebab kematian nomor satu di dunia, memakan korban sebanyak 17,3 juta orang setiap tahunnya.

Menurut data dari World Heart Federation (WHF) atau Yayasan Kesehatan Jantung Dunia, sebanyak 80 persen kematian dini yang terjadi di seluruh dunia rata-rata disebabkan oleh kardiovaskuler.

Pemeriksaan secara rutin tekanan darah dan juga gula darah diharapkan dapat mengingatkan masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan tekanan darah dan juga gula darah.

Sebab, penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin.(LMC-03)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top