Home / Headline / Medan Peroleh Dua Penghargaan IAA 2017

Medan Peroleh Dua Penghargaan IAA 2017

Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah (Kanan) menyerahkan penghargaan Indonesia Attractiveness Award (IAA) 2017 kepada Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kiri), di Jakarta, Jumat 30/9). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 30/9 (LintasMedan) – Kota Medan memperoleh dua penghargaan dari Indonesia Attractiveness Award (IAA) 2017 untuk kategori, masing-masing sebagai salah satu kota terbaik di Indonesia dan kota terbaik untuk wilayah (region) Sumatera.

Penghargaan itu diserahkan Dirjen Keoendudukan dan Catatan Sipil Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah, di Java Ballroom The Westin Jakarta, Jumat (29/9) malam.

IAI yang digelar Tempo Media Group ini merupakan acara penghargaan tahunan bagi pemerintah kabupaten/kota dan provinsi se-Indonesia.

Penghargaan ini diberikan setelah dilakukan penilaian atas keberhasilan masing-masing pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi daerah dan bagaimana mengelola pembangunan ekonominya. Penilaian tersebut dilakukan mulai dari Aceh sampai Papua.

Siaran humas Pemko Medan yang diterima Redaksi lintasmedan.com, menyebutkan, Kota Medan merupakan kota terbaik untuk region Sumatera dengan indeks total 85,46. Selanjutnya untuk region Jawa, Kota Bandung (90,19), region Bali dan Nusa Tenggara diraih Kota Denpasar (83,42), region Kalimantan diraih Kota Balikpapan (82,76), region Sulawesi diraih Kota Makassar (80,57) serta region Maluku dan Papua diraih Kota Ambon (66,92).

Disebutkan, ada dua indikator yang digunakan, yakni kontribusi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) terhadap PDRB Provinsi di atas 20 persen.

Sedangkan indikator kedua, pertumbuhan PDRB harus lebih besar dari rata-rata pertumbuhan koridor atau PDRB per kapita dari rata-rata PDRB per kapita koridor.

Terpilihnya Kota Medan sebagai pemenang dalam IAI 2017 sekaligus menunjukkan bahwa ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini turut berperan besar dalam menarik minat investor di berbagai sektor usaha demi memajukan perekonomian daerah.

Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin berharap, penghargaan yang diterima ini tidak membuat cepat puas justru semakin menjadi motivasi sekaligus inspirasi untuk bekerja lebih keras lagi.

“Insya Allah dengan kerja keras dan kebersamaan yangterus kita bangun dengan masyarakat, Kota Medan semakin maju dan berkembang sehingga menarik perhatian investor untuk berinvestasi di Kota Medan,” ujarnya.

Khusus dalam upaya untuk menarik minat investor menanamkan modal di Medan, Eldin mengatakan, pihaknya akan terus melakukan percepatan pembangunan, terutama dalam bidang infrastruktur, karena dengan kondisi infrastruktur yang baik, para investor pasti tidak akan ragu lagi untuk mengembangkan bisnis mereka di Medan.

“Selain menggeliatkan ekonomi, tentunya investasi yang dilakukan itu juga membuka lapangan kerja baru. Tahun ini, kita fokus melakukan perbaikan dan pembangunan infrastruktur, terutama jalan dan drainase,” kata Walikota. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top