Home / Medan / Siswa SD Diajak Berperilaku Hemat Energi

Siswa SD Diajak Berperilaku Hemat Energi

Sejumlah siswa SD mengikuti lomba menggambar bertema hemat energi yang digelar Kementerian ESDM RI, di halaman sekolah Yayasan Panca Budi Medan, Rabu (6/9/). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 6/9 (LintasMedan) – Sebanyak 1.000 orang siswa utusan dari 30 sekolah dasar (SD) diajak berperilaku hemat energi dalam kegiatan sosialisasi Konservasi Energi yang digelar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia.

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin pada acara pembukaan sosialisasi konservasi energi yang dipusatkan di halaman SD Yayasan Panca Budi Jalan Gatot Subroto Medan, Rabu (6/9), mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan tersebut.

“Sosialisasi terkait konservasi energi memang perlu dilakukan sejak usia dini sehingga generasi itu memiliki kepedulian dan kesadaran akan pentingnya kelangsungan energi,” katanya dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Hasan Basri.

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, para siswa memperoleh pengetahuan yang baru tentang konservasi energi maupun penghematan energi, sehingga diharapkan dapat diaplikasikan di sekolah dan lingkungan rumah mereka.

“Pemko Medan mendukung dan mengapresiasi sosialisasi ini, apalagi kegiatan ini diisi dengan berbagai perlombaan yang dapat menambah kreatifitas siswa sekolah dasar,” ujarnya.

Sebelumnya, perwakilan dari Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, Gita Lestari, menjelaskan bahwa konservasi energi sebagai cara terbaik untuk bereaksi terhadap permintaan energi yang terus meningkat dari sudut pandang lingkungan maupun ekonomi.

Upaya konservasi energi diterapkan pada seluruh tahap pemanfaatan, mulai dari pemanfaatan sumber daya energi dengan menggunakan teknologi yang efisien dan membudayakan pola hidup hemat energi.

“Para siswa dibekali pengetahuan tentang hemat energi dan bagaimana cara dapat melakukan hemat energi. Setelah itu, kita harapkan mereka dapat memberitahukan kepada teman sekolahnya, keluarga dan tetangga mengenai hemat energi,” ucap dia.

Selain dibekali dengan pengetahuan tentang konservasi energi, para peserta juga diajarkan untuk berperilaku hemat melalui lomba yang kreatif dan inovatif dalam menerapkan efisiensi energi. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top