Home / Headline / Aquafarm dan Mahasiswa Tabur Benih Ikan di Danau Toba

Aquafarm dan Mahasiswa Tabur Benih Ikan di Danau Toba

Ilustrasi: Danau Toba. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 31/10 (LintasMedan) – Jajaran PT Aquafarm Nusantara bersama sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Pusat Jaringan Mahasiswa dan Intelektual Sumatera Utara (Jaminsu) melakukan tebar benih ikan nila sebanyak 60.000 ekor, di kawasan Danau Toba, baru-baru ini.

“Penaburan benih ikan di Danau Toba tersebut sebagai upaya menambah jumlah ikan untuk dinikmati masyarakat setempat,” kata Head of General Affairs PT Aquafarm Medan, Syarifudin Berutu, kepada pers di Medan, Selasa.

Pihaknya berharap semakin tingginya ketersediaan ikan di Danau Toba akan semakin memberi peluang terhadap perbaikan ekonomi masyarakat sekitar pesisir danau.

Syarifudin menambahkan, kegiatan tebar benih ikan dan pembersihan Danau Toba merupakan kegiatan rutinitas perusahaan guna membantu masyarakat sekitar dan mendukung program pemerintah dalam menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata international.

Apalagi, kata dia, populasi ikan pora-pora yang selama ini menjadi tumpuan ekonomi masyarakat sekitar Danau Toba sudah habis.

“Ikan pora-pora sudah tidak ada lagi. Karena itu, melalui restocking ini kita berharap nelayan dapat menangkap ikan guna menopang ekonomi keluarganya,” kata Syarifudin.

Bersamaan dengan kegiatan tabur benih ikan tersebut dilaksanakan pula gerakan pembersihan atau clean up di kawasan Danau Toba, persisnya di sekitar pinggiran pantai bebas kota turis Parapat, Kabupaten Simalungun.

Pimpinan Divisi Umum Toba Aquafarm, Banuara Siallagan, menyampaikan apresiasi atas keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan bernuansa peduli lingkungan itu.

“Gerakan menabur benih ikan dan pembersihan Danau Toba yang dilaksanakan PT Aquafarm bersama mahasiswa efektif untuk menumbuhkan kecintaan kalangan generasi muda terhadap lingkungan dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan Danau Toba,” tuturnya.

Banuara menambahkan, pihaknya turut merasa sangat berkepentingan dengan air Danau Toba yang bersih karena berhubungan dengan keberlangsungan bisnis perusahaan itu.

Danau Toba, menurut dia, tidak hanya berfungsi sebagai penyedia sumber air (baku) maupun untuk pemenuhan kebutuhan sosial dan ekonomi lainnya, tetapi juga memiliki potensi tinggi untuk menyokong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Sebelumnya, Ketua DPP Jaminsu Irwan Lubis mengucapkan terima kasih kepada Aquafarm yang telah berpartisipasi aktif dan kooperatif terhadap kegiatan tabur benih dan pembersihan Danau Toba.

Kegiatan ini, katanya, bertujuan untuk memupuk kepedulian generasi muda pada upaya pelestarian lingkungan Danau Toba.

“Melalui kerja sama antara Aquafarm dengan Jaminsu, mari kita tingkatkan terus kesadaran untuk menjaga kelestarian ekosistem Danau Toba yang luar biasa ini,” ucap dia. (LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top