Home / Medan / Drainase Jalan Bilal Diperbaiki Cegah Banjir

Drainase Jalan Bilal Diperbaiki Cegah Banjir

Pekerja dengan menggunakan alat berat melakukan pengerukan sampah dan bongkahan batu yang selama ini menutupi drainase di sisi Jalan Bilal Medan, Senin (2/10). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 2/10 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat, Senin (2/10) memberbaiki drainase besar yang tersumbat di kawasan Jalan Bilal untuk mencegah banjir di kawasan tersebut yang kerap terjadi jika turun hujan.

Menurut Pelaksana tugas Kepala Bidang Drainase Dinas PU Kota Medan, Edi Zalman, upaya perbaikan diawali dengan membongkar beberapa titik drainase yang diperkirakan sudah belasan tahun mengalami sedimentasi dan tersumbat bongkahan batu.

Selanjutnya, tumpukan tanah dan bongkahan batu yang selama ini menyumbat saluran drainase atau gorong-gorong itu digali dengan menggunakan alat berat jenis beko (backhoe) dan excavator.

Beberapa jam pascapengerukan drainase, genangan air yang sebelumnya meluap hingga ke badan jalan, akhirnya mulai berangsur surut.

“Setelah gorong-gorong ini kita bersihkan, di lokasi yang sama kita lakukan pemasangan box culvert sebagai pengganti gorong-gorong. Dengan box culvert ini, air akan lancar mengalir sehingga kecil kemungkinan kembali terjadi banjir,” kata Edi.

Pengerjaan pemasangan konstruksi drainase itu dilakukan pada hari yang sama dan arus lalu lintas di sekitar Jalan Bilal ketika itu untuk sementara waktu dialihkan ke beberapa ruas jalan alternatif.

Beberapa warga yang bermukim di sekitar Jalan Bilal Medan menyatakan terima kasih kepada Pemko Medan karena persoalan banjir di kawasan itu akhirnya bisa tuntas.

“Sudah sekitar 15 tahun gorong-gorong di Jalan Bilal tersumbat, namun tidak ada upaya untuk mengatasinya. Selama itu pulalah perkampungan penduduk disekitarnya menjadi langganan banjir,” kata Budi (45), warga Lingkungan I, Kelurahan Pulo Brayan. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top