Home / Medan / Kapolda Sumut Ajak Mahasiswa Jaga Persatuan

Kapolda Sumut Ajak Mahasiswa Jaga Persatuan

Kapolda Sumut Irjen Pol. Paulus Waterpaw menyampaikan ceramah pada kuliah akbar yang digelar sejumlah perguruan tinggi dalam Aksi Kebangsaan Melawan Radikalisme, di Stadion Teladan Medan, Sabtu (28/10). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 28/10 (LintasMedan) – Kapolda Sumatera Utara (Sumut), Irjen Pol. Paulus Waterpaw mengajak mahasiswa di daerah itu untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di tengah kondisi keragaman yang ada.
.
“Mahasiswa sebagai anak bangsa wajib menjaga dan mempertahankan keutuhan NKRI. Karena para pahlawan dan leluhur pendahulu kita, sangat susah payah untuk memperolehnya,” katanya.
saat menyampaikan kuliah akbar pada aksi Kebangsaan Melawan Radikalisme, di Stadion Teladan Medan, Sabtu.

Dalam acara yang digagas pimpinan sejumlah perguruan tinggi tersebut, ia berharap kegiatan yang diselenggarakan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ini, dapat menjadi spirit bagi kalangan pemuda mahasiswa di perguruan tinggi untuk merevitalisasi kembali nilai-nilai dan semangat Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, lanjutnya, lahir karena nasionalisme dan jiwa patriotik yang kuat dalam mempersatukan seluruh suku bangsa, agama, dan ras untuk mengakui sebagai bangsa yang satu, bertanah air satu, dan berbahasa satu, bahasa Indonesia.

Oleh karena, Kapolda Sumut mengingatkan pentingnya mengaktualisasikan Sumpah Pemuda tersebut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sebagai modal bersama mewujudkan Indonesia yang aman, adil, makmur dan sejahtera.

“Mari kita perkokoh terus semangat persatuan dan kesatuan Indonesia. Hentikan segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa. Sudah saatnya kita melangkah ke tujuan lain yang lebih besar, yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujar Paulus.

Acara yang dihadiri belasan ribu mahasiswa itu, turut dihadiri Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, Staf Ahli Pangdam I/BB Kolonel Arm. Anggoro Nur Setiawan, Ketua Kopertis Wilayah I Sumut Prof. Dian dan Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top