Home / Medan / Kapolda Sumut Pimpin Upacara Ziarah HUT TNI

Kapolda Sumut Pimpin Upacara Ziarah HUT TNI

Kapolda Sumut Irjen Po. Paulus Waterpauw memimpin upacara ziarah nasional dalam rangka HUT ke-72 TNI di Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan Medan, Rabu (4/10). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 4/10 (LintasMedan) – Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol. Paulus Waterpauw memimpin upacara ziarah nasional, di Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan Jalan Sisingamangaraja Medan, Rabu, dalam rangka memperingati HUT ke-72 Tentara Nasional Indonesia (TNI) 5 Oktober 2017.

Ziarah yang ditandai dengan peletakan karangan bunga, penghormatan kepada para pahlawan, dan penaburan bunga itu dimaksudkan untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur sebagai kusuma bangsa dalam membela nusa dan bangsa, serta rela berkorban jiwa maupun raga tanpa pamrih demi kepentingan bangsa dan negara.

Acara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dan mengheningkan cipta.

Kegiatan tersebut turut dihadiri, antara lain Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin serta para pejabat utama Kodam I/BB, Lantamal I, Kosekhanudnas, dan Polda Sumut.

Ikut serta dalam upacara yang berlangsung hitmad tersebut, antara lain pleton TNI AD, TNI AL, TNI AU, PNS, Persit dan veteran.

Usai memimpin upacara ziarah nasional dalam rangka HUT ke-72 TNI, Irjen Pol. Paulus Waterpauw didampingi Gubernur Sumut dan para pejabat lainnya melakukan tabur bunga ke beberapa pusara, antara lain pusara mantan Gubernur Sumut Raja Inal Siregar, Mayjen Marah Halim Harahap, Brigjen A. Manaf Lubis, dan Brigjen A. Aziz Siregar.

Ziarah Nasional tersebut merupakan wujud penghargaan serta mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam membela dan mempertahankan Kemerdekaan RI.

Tema pokok pada upacara peringatan HUT ke-72 TNI kali ini adalah Bersama Rakyat TNI Kuat. Ini menjadi refleksi perjalanan sejarah TNI berasal dari rakyat, berbakti untuk rakyat, nusa, dan bangsa Indonesia.

Puncak acara HUT Ke-72 TNI di Medan pada Kamis (5/10) akan digelar, antara lain upacara parade, defile pasukan, demo ketangkasan dan seni prajurit. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey