Home / Politik / KPU Sumut Segera Luncurkan Tahapan Pilkada 2018

KPU Sumut Segera Luncurkan Tahapan Pilkada 2018

Foto – Ilustrasi

Medan, 3/10 (LintasMedan) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) segera meluncurkan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) untuk memilih gubernur dan wakil gubernur setempat periode 2018-2023.

“Tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumut akan ditandai dengan peluncuran maskot dan jingle “ayo memilih” yang dijadwalkan berlangsung di Medan pada 8 Oktober 2017,” kata Ketua KPU Provinsi Sumut, Mulia Banurea, di Medan, Selasa.

Disebutkan, acara itu dijadwalkan dihadiri langsung Ketua KPU Pusat, Arief Budiman beserta jajaran Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut dan para pimpinan parpol di daerah tersebut.

Pada acara tersebut juga akan diumumkan dan diserahkan hadiah kepada para pemenang sayembara pembuatan maskot dan jingle Pilkada Sumut 2018.

Peluncuran tahapan pilkada Sumut, menurut dia, penting dilaksanakan secara konsisten untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar menggunakan hak pilihnya pada Pilkada serentak tahun 2018 dan pemilihan umum legislatif (Pileg) 2019.

Ia menjelaskan, tahapan pertama yang digelar yakni pengenalan pemilihan gubernur (pilgub) 2018 untuk seluruh pihak terkait serta dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi dan pengumuman syarat minimal dari dukungan yang harus dipenuhi oleh setiap calon kepala daerah.

Pengenalan tahapan pilkada ini, lanjut Mulia, diharapkan mendorong seluruh pihak terkait mulai bersiap sehingga menjelang tahapan utama yakni pendaftaran bakal calon semua pihak sudah memiliki kesiapan.

Bagi KPU Sumut, tahapan sebenarnya sudah dilaksanakan sejak akhir Juli 2017 lalu, yakni dari proses hibah daerah dari dana yang akan digunakan untuk Pilkada 2018.

Sebagaimana diketahui, penyelenggaraan Pilkada 2018 sedikit berbeda dari 2015 dan 2017, karena di tengah-tengah tahapannya, secara bersamaan juga akan dilaksanakan tahapan pemilu legislatif dan Pemilu 2019.

Kendati demikian, pihak KPU Sumut berharap penyelenggaraan Pilkada 2018 tidak akan terganggu dengan adanya tantangan kinerja tersebut.

Ia juga menyampaikan bahwa penyelenggara pemilu bertekad memperkuat pelayanan pemberian informasi kepada masyarakat, serta memastikan seluruh produk hukum KPU dapat terpublikasi dengan baik pada Pilkada serentak 2018. (LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top