Home / Medan / Medan Tampilkan Pagelaran Melayu Serumpun 2017

Medan Tampilkan Pagelaran Melayu Serumpun 2017

Desain panggung Gelar Melayu Serumpun (Gemes) 2017 Di Lapangan Merdeka Medan. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 31/10 (LintasMedan) – Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Pariwisata setempat menampilkan pagelaran seni dan budaya Melayu di Lapangan Merdeka Medan, 3-5 Nopember 2017.

Kadis Pariwisata Kota Medan, Agus Suriono, di Medan, Selasa (31/10), menjelaskan, kegiatan bertajuk Gelar Melayu Serumpun (Gemes) 2017 ini akan diikuti utusan dari beberapa provinsi dan negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura dan Brunei Darusalam.

“Penyelenggaraan Gemes 2017 ini dimaksudkan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara sekaligus edukasi dan ekplorasi keragaman kesenian dan budaya Melayu sebagai sebuah kearifan lokal sekaligus destinasi wisata budaya,” ujarnya.

Kehadiran peserta dari beberapa negara ASEAN, lanjutnya, diyakini akan menjadikan pementasan seni dan budaya Melayu itu semakin meriah dan menarik lagi dibanding tahun penyelenggaraan event serupa tahun sebelumnya.

Apalagi, menurut Agus, Gemes sudah masuk kelender tetap di Kementerian Pariwisata.

“Melalui Gemes 2017, kami juga ingin menjadikan kegiatan itu sebagai sarana edukasi bagi para generasi muda, sehingga mereka mengetahui lebih jauh mengenai seni dan budaya Melayu sebagai etnis asli di Kota Medan,” ucapnya.

Dinas Pariwisata Kota Medan juga telah mempersiapkan desain panggung yang khas berbentuk perahu layar.

Desain kapal ini menggambarkan bahwa Kota Medan terletak di kawasan pesisir Pulau Sumatera yang berbatasan langsung dengan Selat Malaka.

Gemes 2017 dijadwalkan dibuka Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin pada Jumat (3/11), sekitar pukul 19.00 WIB.

Seluruh peserta akan disambut dengan 14 pasangan pria dan wanita dengan mengenakan pakaian daerah dari 14 etnis yang ada di Kota Medan.

Demi suksesnya Gemes 2017, kata Agus, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polrestabes Medan, Kodim 0201/BS, Dinas Perhubungan serta Satpol PP Kota Medan untuk melakukan pengamanan, termasuk mengatur lalu lintas di sekitar kawasan Lapangan Merdeka Medan. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top