Home / Medan / Medan Wacanakan Bangun Parkir Khusus di Tengah Kota

Medan Wacanakan Bangun Parkir Khusus di Tengah Kota

Ahmad Arif

Medan, 4/10 (LintasMedan) – Anggota Panitia Khusus (Pansus) P-APBD Medan, Ahmad Arif, menyarankan Pemerintah Kota (Pemko) Medan harus membangun gedung khusus parkir kendaraan bermotor, di tengah kota.

“Seperti di beberapa wilayah di luar negeri. Ada gedung khusus parkir di tengah kota dan setelah memarkirkan kenderaannya di lokasi tersebut, masyarakat bisa melanjutkan berjalan kaki ke areal tujuannya di sekitar wilayah itu,”” kata Arif, Rabu.

Menurutnya, membahas program parkir meter hanyalah wacana sia-sia, karena dari tahun lalu hal ini sudah intens dibahas namun tak kunjung terealisasi.

“Dishub dan Bappeda saya pikir sudah bisa berkoordinasi tentang wacana pembangunan gedung parkir khusus ini. Apalagi kepala dinas sudah sering bolak-balik ke luar negeri dan melihat kota-kota di sana yang memiliki gedung parkir khusus. Saya kira kalau Medan mau maju dan wajah kota ini berubah signifikan, wacana ini bisa dibahas dalam APBD 2018,” ujar anggota F-PAN ini.

Seperti Kuala Lumpur dan Penang, Arif mencontohkan di wilayah itu tidak lagi terjadi kemacetan walau ruas jalannya kecil-kecil.

“Di Medan tentu bisa dibuat seperti itu sehingga nanti tidak ada lagi kendaraan parkir di tepi jalan. Jadi kita gak usah lagi bahas soal parkir tepi jalan, karena semua tidak signifikan menghasilkan PAD kita,” tegasnya pada rapat yang dihadiri Kadishub Medan Renward Parapat.

Dalam hal ini Arif mencontohkan gedung bekas Perisai di Jalan Pemuda yang bisa dimanfaatkan Pemko untuk merealisasikan gedung perparkiran. Menurutnya, alternatif lain banyak gedung-gedung di Jalan Hindu dan sekitarnya juga bisa dibeli Pemko Medan guna merealisasikan wacana itu.

Sementara terkait wacana tersebut, anggota DPRD Medan Ilhamsyah menyarankan areal parkir di tengah kota bisa dibuat di antara Lapangan Benteng hingga Lapangan Merdeka dengan membangun gedung parkir bawah tanah. “Program itu bisa dilakukan melalui kerjasama Pemko Medan dengan pihak lain,” ujarnya.(LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top