Home / Medan / Pemko Medan Segera Fungsikan Pasar Modern Marelan

Pemko Medan Segera Fungsikan Pasar Modern Marelan

Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 27/10 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan akan segera memfungsikan pasar modern di Jalan Marelan Raya Pasar V, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan yang pembangunannya telah selesai dikerjakan.

“Saya beri waktu satu bulan kepada seluruh OPD (organisasi perangkat daerah) terkait agar melakukan persiapan menjelang pengoperasian Pasar Modern Marelan. Kita harapkan, awal Desember 2017, pasar tersebut sudah dioperasikan,” kata Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution, di Medan, Jumat.

Akhyar menegaskan hal itu saat memimpin rapat pembahasan pengoperasian Pasar Modern Marelan dan penempatan pedagang yang dihadiri para pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan.

Menurut dia, pembangunan fisik Pasar Modern Marelan telah lama selesai, namun sampai saat ini belum dioperasikan karena terkendala pembebasan lahan untuk akses jalan masuk dan keluar ke lokasi pasar.

Saat ini, masih ada delapan persil tanah milik enam orang warga yang belum dibebaskan, tetapi sudah mendapat persetujuan dari Pengadilan Negeri (PN) Medan untuk dilakukan konsinyasi dan tinggal melakukan eksekusi.

Dari delapan persil tanah itu, dua orang warga pemilik tanah sudah mengambil konsinyasi di PN Medan, sehingga masih ada empat orang yang memiliki enam persil tanah belum mengambil konsinyasi tersebut.

Menyikapi permasalah itu, Wakil Walikota minta kepada Camat Medan Marelan T Khairunza segera melakukan sosialisasi kepada empat warga yang memiliki enam persil lahan tersisa tersebut.

“Saya beri waktu camat tiga hari untuk melakukan sosialisasi agar warga mau menerima konsinyasi. Jika warga tidak mau, kita lakukan eksekusi bersama PN Medan untuk selanjutnya dilakukan pembangunan jalan oleh Dinas Pekerjaan Umum,” ujarnya.

Jika keseluruhan lahan sudah dibebaskan, akses jalan ke Pasar Modern Marelan semakin mudah dijangkau pedagang maupun pembeli.

Bangunan pasar berlantai dua ini dilengkapi fasilitas, antara lain 500 unit kios, 16 kamar mandi, musholla, empat unit ruko di bagian depan, mesin pembangkit listrik dan tabung air. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top