Home / Headline / Presiden Resmikan Pengoperasian Dua Ruas Tol Sumut

Presiden Resmikan Pengoperasian Dua Ruas Tol Sumut

Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi (kiri), memberikan ketarangan kepada pers, usai meresmikan pengoperasian ruas tol Medan-Binjai dan Bandara Kualanamu-Sei Rampah, di gerbang jalan tol Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (13/10). (Foto: LintasMedan/ist)

Deli Serdang, 13/10 (LintasMedan) – Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat, meresmikan pengoperasian dua ruas jalan tol di Sumatera Utara (Sumut), masing-masing Medan-Binjai dan ruas Bandara Kualanamu-Sei Rampah.

Acara peresmian dua ruas tol yang berlangsung di gerbang tol Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang tersebut ditandai dengan penekanan sirine oleh Presiden bersama Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono, Sekretaris Kabinat Pramono Anung, dan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi.

Kepala Negara berharap pengoperasian dua ruas tol itu dapat meningkatkan mobilitas masyarakat.

Jika mobilitas masyarakat meningkat dan transportasi lebih mudah, lanjutnya, harga berbagai produk yang dibutuhkan masyarakat akan lebih murah.

Ia menambahkan, di Sumut dewasa ini cukup banyak proyek nasional yang sedang dikerjakan, seperti proyek jalan tol, proyek pengembangan Danau Toba, Pelabuhan Kuala Tanjung, pembangkit tenaga listrik dan proyek kawasan ekonomi khusus.

Terkait dengan masih ada ruas tol di Sumut yang belum dapat diselesaikan pembangunannya karena terkendala dalam pembebasan lahan, Presiden meminta Polda dan Kejaksaan Tinggi Sumut untuk ikut mendukung agar pembebasan lahan untuk jalan tol tersebut dapat dituntaskan.

“Lakukan pendekatan dengan baik. Ini bukan kepentingan satu dua orang, tapi untuk kepentingan rakyat,” katanya.

Sebagaimana diketahui, untuk ruas tol Medan-Binjai, ada Seksi 1 dari Tanjung Mulia menuju Sei Semayang sepanjang 3,3 kilometer yang belum dibebaskan.

Sedangkan untuk ruas Kualanamu-Tebing Tinggi, ada kendala sepanjang 3,2 km, dan Seksi 7 dari Sei Rampah menuju Tebing Tinggi sepanjang 10,15 km.

Sementara itu, Gubernur Sumut Erry Nuradi, mengatakan bahwa pengoperasian dua ruas tol yang baru itu akan ikut memacu laju pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sumut yang tahun 2017 diprediksi tumbuh berkisar antara lima persen hinga enam persen.

“Kami berharap, di tahun depan pertumbuhan ekonomi Sumut lebih dari enam persen,” ucapnya.  (LMC-03)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top