Home / Sports / Ratusan Pelajar Ikuti Kejuaraan Renang Piala Gubernur Sumut

Ratusan Pelajar Ikuti Kejuaraan Renang Piala Gubernur Sumut

Kontingen pelajar dari 17 kabupaten/kota foto bersama pada pembukaan kejuaraan daerah (Kejurda)  renang memperebutkan Piala Gubernur Sumut 2017, di stadion renang Selayang Medan, Senin (30/10). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 29/10 (LintasMedan) – Sebanyak Sebanyak 860 pelajar dari 17 kabupaten/kota ikut ambil bagian dalam kejuaraan daerah (Kejurda) renang memperebutkan Piala Gubernur Sumut di stadion renang Selayang Medan, 29-31 Oktober 2017.

Wakil Gubernur Sumut, Nurhajizah Marpaung ketika membuka kejurda renang tersebut, Senin, berharap event itu dapat melahirkan atlet-atlet renang berbakat dari kalangan pelajar.

“Kejuaraan renang antarpelajar ini memberikan nilai positif bagi para peserta untuk menambah pengalaman bertanding sekaligus mendulang prestasi,” ujarnya.

Melalui penyelenggaraan kejurda itu, ia juga berharap muncul sejumlah perenang muda handal yang kelak ikut mengharumkan nama Provinsi Sumut di kancah olahraga renang berskala nasional dan internasional.

“Jadikan kejurda ini untuk menambah wawasan para pelajar. Artinya dalam kejuaraan ini tidak hanya prestasi yang dikejar, namun lebih dari itu adalah meningkatkan tali silaturahmi diantara sesama pelajar,” kata Nurhajizah.

Ia menambahkan, Sumut beberapa dasawarsa lalu pernah diperhitungkan di sejumlah cabang olahraga, diantaranya renang dan sepakbola.

Sayangnya, sederetan prestasi maupun catatan rekor yang pernah diraih Sumut itu kini mulai direbut oleh para atlet dari sejumlah provinsi lain.

Menyikapi hal itu, kata dia, Pemprov Sumut merasa ikut berkewajiban untuk membangkitkan kembali kejayaan cabor tersebut, dengan mewadahi atlet melalui kegiatan pembinaan secara berkelanjutandemi peningkatan prestasi.

“Saya berharap kepada para pengurus berbagai cabang olahraga di daerah ini agar terus melakukan pembinaan dengan baik, karena pemerintah (Pemprov Sumut) pasti akan tetap mendukung,” katanya.

Hari pertama kejurda, memperlombakan kategori klub di nomor 50 dan 100 meter gaya bebas SMP dan SMA putra/putri, 50 meter gaya dada SMP dan SMA putra/putri, 100 meter gaya kupu-kupu SMP dan SMA putra/putri, dan 50 meter gaya punggung dan dada SD putra/putri.
Selanjutnya, kategori non klub, mempertandingkan 50 meter gaya bebas SD, SMP, dan SMA putra/putri.

“Para pemenang dari masing-masing nomor yang diperlombakan akan mendapat piagam, uang pembinaan, dan medali,” kata ketua panitia Kejurda, Johan Erik Purba.

Disebutkannya, para peserta berasal dari Kabupaten Samosir, Labuhan Batu, Mandailing Natal, Serdang Bedagai, Asahan, Simalungun, Tobasa, Batu Bara, Deli Serdang Karo, dan Tapanuli Utara.

Selain itu, Kota Pematang Siantar, Sibolga, Padang Sidimpuan, dan Langsa. (LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top