Home / Medan / Walikota: Puskesmas Harus Beri Layanan Prima

Walikota: Puskesmas Harus Beri Layanan Prima

Staf Ahli Walikota bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Tunggar saat menyampaikan sambutan pada pembukaan pendidikan dan latihan (Diklat) Manajemen Puskesmas se Kota Medan, Senin (16/10). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 16/10 (LintasMedan) – Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin kembali mengingatkan kepada segenap pimpinan dan staf seluruh Puskesmas di kota itu agar senantiasa memberi pelayanan promotif dan preventif secara prima kepada setiap warga.

Pernyataan itu disampaikan Walikota Medan melalui Staf Ahli Walikota bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Tunggar saat membuka kegiatan pendidikan dan latihan (Diklat) Manajemen Puskesmas se Kota Medan, Senin (16/10).

Dalam acara yang dilaksakan Badan Kepegawaian Daerah Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kota Medan itu, Walikota mengingatkan seluruh Kepala Puskesmas agar mampu menuntaskan permasalahan-permasalahan yang selama ini masih dianggap lamban.

“Manajemen Puskesmas nantinya harus lebih kuat dan berorientasi pelayanan prima. Jangan sampai urusan masyarakat banyak terbengkalai hanya karena sistem manajemen Puskesmasnya yang buruk,” ujarnya.

Untuk itu, ia meminta Kepala Puskesmas dan stafnya agar dapat mengikuti diklat tersebut dengan baik dan bisa memahami hakikat manajemen Puskesmas yang berorientasi penuh pada pelayanan masyarakat.

“Keberhasilan tugas Puskesmas sangat tergantung pada pengelolaan Puskesmas. Oleh karena itu sama-sama kita wujudkan layanan kesehatan yang prima. Yang terpenting melayani dengan ketulusan hati,” ujar Walikota.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Badan Kepegawaian Daerah Pemko Medan, Harun Sitompul mengatakan bahwa diklat yang diikuti 60 orang peserta tersebut berlangsung hingga 27 Oktober 2017.

“Melalui kegiatan ini, para peserta Diklat diharapkan mampu memahami prinsip dasar manajemen Puskesmas yang baik guna selanjutnya diterapkan dalam sistem tata kelola Puskesmas yang baik dan prima,” ujar dia.

Sebagaimana diketahui, dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 tahun 2014 disebutkan bahwa puskesmas merupakan fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan perorangan tingkat pertama, mengutamakan upaya promotif dan preventif untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top