Home / Medan / Diskominfo Medan Tingkatkan Kapasitas ASN Kelola Persandian

Diskominfo Medan Tingkatkan Kapasitas ASN Kelola Persandian

Asisten Pemerintah dan Sosial Setdako Medan, Musaddad Nasution (kiri) menyampaikan sambutan pada acara pembukaan seminar mengenai peran persandian, di Medan, Rabu (1/11). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 1/11 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) setempat menggelar seminar mengenai peran persandian guna meningkatkan kapasitas aparatur sipil (ASN) yang mampu mengelola persandian.

“Melalui seminar ini para peserta diharapkan dapat memahami betapa pentingnya menjaga informasi yang bersifat rahasia dan juga memahami bahwa persandian adalah solusi untuk diterapkan dalam rangka menjaga kerahasiaan informasi tersebut,” kata Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin pada acara pembukaan seminar bertajuk Peran Persandian dalam Mendukung Keamanan Cyber tersebut, di Medan, Rabu (1/11).

Walikota dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Pemerintah dan Sosial Setdako Medan, Musaddad Nasution, mengemukakan pengelolaan persandian negara tidak dapat dipisahkan dari empat aspek utama yaitu sumber daya sandi, peralatan sandi, sistem sandi dan jaringan komunikasi sandi.

Bila hal-hal itu mampu dikelola baik, kata dia, transaksi informasi akan menjadi aman dan mendukung menuju pengelolaan persandian yang profesional menuju komunikasi yang aman dan efektif.

Walikota menambahkan, organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Medan selaku badan publik memiliki tanggung jawab dalam menyebarkan informasi sesuai yang diamanahkan undang-undang keterbukaan informasi publik (KIP).

Namun, kata dia, informasi yang diberikan juga memiliki kriteria tertentu, ada yang bersifat rahasia ada yang bisa disebarluaskan.

“Data dan informasi yang kita miliki adalah aset organisasi yang juga harus diperhatikan dalam pengelolaannya. Untuk itu melalui kegiatan ini, seluruh peserta yang berasal dari masing-masing OPD di lingkungan Pemerintah Kota Medan dapat menyelenggarakan tata kelola informasi yang aman melalui Persandian,” ujarnya.

Ia menilai seminar tentang peran persandian merupakan salah satu sarana yang tepat serta memberikan kontribusi efektif meningkatkan pengetahuan dan wawasan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Zain Noval melalui Kabid Persandian Dinas Kominfo, Topan OP Ginting menjelaskan bahwa seminar tersebut digelar dalam rangka menambah pengetahuan ASN Pemko Medan di bidang Persandian dan cyber sehingga lebih mawas diri dan bijaksana dalam berkomunikasi.

“Seminar ini diikuti para Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) dari masing-masing OPD dan Kecamatan yang seluruhnya berjumlah 200 orang,” tambahnya. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top