Home / Peristiwa / Gunung Sinabung Semburkan Abu Vulkanik Dua Kilometer

Gunung Sinabung Semburkan Abu Vulkanik Dua Kilometer

Abu vulkanik menyembur dari kawah Gunung Sinabung, di Kabupaten Karo, Sumut. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 9/11 (LintasMedan) – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Kamis (9/11) kembali meletus hebat dengan tinggi kolom abu vulkanik mencapai di atas dua kilometer dari puncak gunung.

Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui siaran pers, menyebutkan, Gunung Sinabung kembali meletus pada pukul 11.22 WIB dengan durasi gempa saat terjadi letusan mencapai 200 detik.

“Letusan susulan berpotensi terjadi. Status Awas. Tidak ada korban jiwa,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo.

Menurut dia, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memprediksi kemungkinan besar akan ada letusan susulan setelah terjadi letusan besar.

“Letusan susulan berpotensi terjadi. Status Awas. Tidak ada korban jiwa,” paparnya.

Sebagaimana diinformasikan, gunung yang memiliki ketinggian 2.451 meter di atas permukaan laut itu mulai menggeliat sejak tahun 2010.

Fenomena alam itu ditandai peningkatan status menjadi awas. Tidak lama setelah peristiwa itu, Sinabung meletus dahsyat dan hingga saat ini belum ada tanda-tanda aktivitas vulkanik Sinabung bakal turun. (LMC-05/VNC)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top