Home / Headline / Ijeck Ajak Mahasiswa Sumut jadi Wirausaha

Ijeck Ajak Mahasiswa Sumut jadi Wirausaha

Bakal calon wakil gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck memberi kuliah umum bertema “Pengembangan Kreativitas Mahasiswa dalam Bidang Kewirausahaan” dihadapan ratusan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut, di Medan, Selasa. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 28/11 (LintasMedan) – Pengusaha muda yang juga bakal calon wakil gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengajak para mahasiswa di daerah itu untuk menekuni wirausaha atau “entrepreneurship” seiring semakin ketatnya persaingan lulusan perguruan tinggi di dunia kerja.

“Pengembangan jiwa kewirausahaan sangatlah penting dalam rangka menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan yang masih memprihatinkan,” kata pria yang akrab disapa Ijeck tersebut saat memberi kuliah umum dihadapan 600 orang lebih mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut, di Medan, Selasa.

Dengan cerdas berwirausaha, menurut dia, para mahasiswa dapat memiliki keberanian dan optimisme menjadi seorang pengusaha, apalagi pada masa pembangunan dan era perdagangan seperti ini, dibutuhkan mental dan kemampuan wirausaha agar kita mampu bersaing dengan dunia luar.

Para mahasiswa dalam menekuni dunia usaha, lanjutnya, harus kreatif dan fokus mengembangkan jaringan atau networking yang luas agar usahanya tetap berjalan sesuai dengan perkembangan zaman.

Sejalan dengan hal itu, kata Ijeck, perguruan tinggi perlu pula memberikan pengembangan kreativitas dan bekal ilmu yang dapat mendorong mahasiswa mempunyai mental berwirausaha.

Dengan demikian, mahasiswa ketika lulus dari perguruan tinggi tidak menggantungkan diri dan berharap pekerjaan pada perusahaan, industri, dan instansi pemerintah.

Setiap tahun, sebutnya, jumlah lulusan perguruan tinggi terus bertambah, tetapi banyak diantara mereka setelah tamat kuliah menganggur karena tidak tahu apa yang hendak dikerjakan.

Permasalahan tersebut tentunya tidak bisa dibiarkan terus berlarut, karena dikhawatirkan akan semakin menambah jumlah angka pengangguran di Indonesia, termasuk di Sumut.

Salah satu solusi untuk meminimalisir angka pengangguran adalah mendorong sekaligus mengembangkan kemandirian para mahasiswa maupun lulusan perguruan tinggi agar mereka termotivasi menjadi pelaku dunia usaha.

Hal lain yang perlu dilakukan oleh kaum muda saat berwirausaha, yakni senantiasa membangun kekompakan dan kerja sama tim.

Selain itu, yang juga tak kalah penting, kompak menuju kesuksesan bersama. Menurut Ijeck, kekompakan juga akan menjadi kunci dalam meraih kesuksesan bersama. “Yang terpenting juga, kompak lah kita, bersatu lah kita untuk sesuatu yang baik. Kita harus sukses dan kaya harta, ilmu, iman,” sebutnya.

Pada kuliah umum yang mengangkat tema “Pengembangan Kreativitas Mahasiswa dalam Bidang Kewirausahaan” itu, Ijeck menyatakan sangat mengapresiasi jika mahasiswa dapat mulai bekerja keras untuk menumbuhkan jiwa berwirausaha sejak sekarang.

“Kesuksesan berwirausaha dapat dijadikan bukti bahwa mahasiswa juga dapat sukses dengan bisnisnya,” tuturnya.

Sebelumnya, Rektor UIN Sumut, Prof. Dr. Saidurrahman, M.Ag. mengucapkan terima kasih kepada Ijeck atas tekad dan komitmennya untuk mendorong kalangan mahasiswa di perguruan tinggi agama Islam tersebut agar terlibat aktif di sektor dunia usaha.

“Berwirausaha juga bermanfaat bagi masyarakat karena secara otomatis kita membantu para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan,” katanya.

Ia meyakini kuliah umum yang disampaikan Ijeck turut menambah pengetahuan dan wawasan para mahasiswa UIN Sumut di bidang wirausaha. (LMC-02)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top